September 20, 2024 09:56

Uang Bukanlah Segalanya
June 12, 2024

Penulis :

NURHASAN, S.Pd.I
Unit/jenjang KSPPS

Uang Bukanlah Segalanya

Oleh: Nurhasan, S.Pd.I

 

Jika kita bekerja apakah bersedia hanya sekadar mendapatkan ucapan terima kasih? Apakah kita mau bekerja tanpa dibayar? Mungkin sebagian besar dari kita akan menjawab TIDAK. Tapi ada sebagian kecil dari kita yang mengatakan OKE. Nggak ada masalah saya mau bekerja meskipun tidak dibayar. Salah satu alasan terbesar kenapa orang mau bekerja, melakukan sesuatu, mengorbankan waktu, pikiran, dan tenaganya adalah karena mereka ingin mendapatkan uang. Kita semua sepakat bahwa uang itu penting. Salah satu alasan kita untuk bekerja karena kita memang butuh uang. Namun demikian, saya ingin menyampaikan jangan jadikan uang sebagai tujuan utama yang menjadi pendorong terpenting kenapa kita memilih sebuah pekerjaan. Intinya jangan pernah mau bekerja hanya sekadar untuk mendapatkan uang. Karena kita pasti akan menyesal.

 

Lantas bagaimana, bukankah kita butuh uang? Iya benar kita butuh uang. Tapi bukan berarti kita bekerja untuk uang. Jadikan uang sebagai efek samping dari pekerjaan bukan sebagai tujuan utama dari kita bekerja. Jadikan bekerja sebagai upaya untuk memberi manfaat, menjadi penyelesaian masalah, dan menjadi penolong bagi kesulitan orang lain.

 

Ketika orientasi dan tujuan kita bekerja adalah untuk melayani dan memberikan manfaat kepada orang lain. Untuk membantu dan meringankan beban orang lain, maka kita PASTI akan dapat uang. Dan ada kemungkinan jumlah yang kita dapatkan lebih dari yang kita bayangkan. Mungkin kita bertanya, kenapa seperti itu? Karena ketika kita mencoba memberikan yang terbaik kepada orang lain dan orang-orang yang kita layani kemudian mereka merasa nyaman dan puas dengan apa yang kita lakukan, mereka pasti akan kembali kepada kita dan akan bercerita tentang apa yang kita lakukan dan kita akan mendapatkan nama baik. Nama baik ini punya makna yang jauh lebih besar. Punya nilai yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan uang yang kita dapatkan. Nama baik inilah yang pada akhirnya akan membawa manfaat lebih besar dari sekadar uang.

 

Jika kita bekerja hanya untuk mencari uang pasti akan mengalami beberapa kerugian. Kerugian terpenting dan utama yang kadang kita alami adalah kita lupa bahwa uang bukanlah yang terpenting. Ketika kita bekerja dengan orientasi semata-mata mencari uang kadang kita mengorbankan banyak hal. Bisa jadi kita mengorbankan kesehatan, integritas, waktu, dan keluarga. Pada akhirnya kita baru sadar pengorbanan yang begitu banyak tadi nggak seimbang dibandingkan dengan uang yang kita dapatkan. Sangat mungkin ketika orientasi kita adalah uang maka bisa menjadi kutu loncat, pindah satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Sangat mungkin kita menjadi seorang yang oportunis dan menghianati teman demi mendapatkan keuntungan sesaat. Sangat mungkin kita memang bisa mendapatkan banyak uang dan keuntungan, tapi belum tentu kita bisa bahagia dan sehat secara fisik. Belum tentu kita mendapatkan keluarga yang harmonis dalam keluarga kita. Karena apa? Kita menjadikan uang jauh lebih penting dari semua itu sehingga tanpa sadar kita telah mengorbankan semuanya untuk uang.

 

Kita semua sepakat bahwa uang itu penting tapi bukan yang terpenting. Oleh karena itu mari bekerja dengan baik bukan sekadar untuk mencari uang. Karena jika tujuan utama kita bekerja adalah nominal uang, sangat mungkin kita akan merugikan orang lain. Ada potensi kita menghalalkan segala cara. Fokuslah kepada memberi manfaat bukan sekadar untuk mendapatkan uang. Dengan memberi manfaat insya Allah uang akan bisa kita dapatkan. Jadikan uang sebagai efek samping dari pekerjaan kita.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer