September 20, 2024 09:45

Pendidikan Dasar untuk Masa Depan Anak
June 22, 2024

Penulis :

Mohamad Sahlan
Unit/jenjang YACT

Pendidikan Dasar adalah salah satu sarana untuk pembetukan Character Building. Pembentukan karakter ini menjadi penting karena akan menjadi pondasi sepanjang kehidupan manusia.

Adanya manusia dewasa yang memiliki kebiasaan hidup yang baik, tangguh, punya data juang, pantang menyerah, siap menghadapi tantangan, mampu menyelesaikan masalah, dibentuk dari pendidikan dasar.

Era gen Z yang konon katanya rapuh, mudah menyerah, bisa jadi karena pembentukan karakter dasar ini yang terabaikan. Ditambah lagi dengan pemahaman orang tua tentang pola asuh yang cenderung memanjakan anak-anak menjadikan penyebab yang signifikan.

Disinilah pentingnya pemahaman orang tua dalam pendampingan anak untuk menuntaskan pendidikan dasar, terutama berkaitan dengan dasar-dasar agama, kemandirian, moral, akhlaq, dan kebutuhan dasar untuk menuntaskan tumbuh kembangnya. 

Peran guru juga penting dalam proses pembelajaran di sekolah, karena sesunggunya bukan hanya ranah kognitif yang harus dituntaskan, tapi juga keseimbangan antara afektif dan psikomotor yang akan menjadi bagian penting dalam tumbuh kembang anak. 

Dengan pendampingan yang optimal dari orang tua, dan didukung guru yang hebat di sekolah, maka anak-anak akan siap untuk menghadapi setiap tantangan dalam kehidupannya kelak. 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer