September 20, 2024 14:40

Kesadaran orang tua
December 16, 2023

Penulis :

Siti khusnul kotimah, S.Pd
Umum

Kesadaran orang tua

Setiap anak memiliki keunggulan masing-masing. Setiap anak memiliki bakat dan minat yang berbeda. Setiap anak memiliki proses yang berbeda tetapi sebagai orang tua sudah seharusnya menjadi fasilitator bagi perkembangan anak.

        Menurut  Eric Depotter dan mike hernacki mengatakan bahwa pada usia 4 tahun otak akan mengalami perkembnangan 80% perubahan sensorik dan koqnitif maka pada saat tersebut merupakan waktu untuk merawat serta mengembangkan kecerdasan anak. Sebab, pada usia 7 tahun kecerdasan anak akan mengalami penurunan. 

      Seorang anak diibaratkan sebagai kertas putih dan kosong. Maka orang tua dan lingkungan diibartatka. Sebagai tinta. Apakah kertas tersebut akan diisi dengan tulisan yang baik atu sebaliknya. 

       Kecerdasan anak dapat bersumber dari stimulus yang diterima dan pada usia tersebut pada hakikatnya merupakan proses mereka untuk bermain. Maka pada perkembangan kecerdasan anak dapat dilakukan secara bermain. 

      Sebagaimana menurut mayke s tedjsaputra menyatakan bahwa bermain merupakan wadah dimana anak dapat merasakan berbagai pengalaman dari rasa emosi, sennang, sedih, kecewa dan rasa marah. Sedangkan dengan kata bermain menjadikan anak memiliki pikiran yang positif terhadap kata tersebut sehingga menjadikan anak dapat melakukannya dengan rasa senag dan gembira

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer