Judul Jurnal : Penerapan Pendekatan Pembelajaran ADLX (Active Deep Learner Experience) dalam Membangun Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar
Penulis : Damai Ari Kontesa, Minsih dan Djalal Fuadi (3 September 2023) DOI:10.31949/jee.v6i3.6638
Isi Review Jurnal
ADLX merupakan pendekatan yang memadukan kedua pendekatan yaitu Active Learning dan Deep Learning (Bahgat et al.,2018). Dimana pendekatan pembelajaran ADLX mengemas pembelajaran menjadi sebuah sajian yang mampu memberikan pengalaman belajar sebagai seorang pembelajaran bagi peserta didik
Active Learning memberikan peluang seluas-luasnya untuk terjadi interaksi antara siswa dengan guru, anatara siswa itu sendiri, maupun siswa dengan bahan atau materi pembelajaran (Santos,2015).
Sedangkan Deep Learning tidak hanya sekedar mengaktifkan siswa selama proses pembelajaran saja tetapi juga harus mendalam (Bahgat et al.,2017)
Selain itu juga ada istilah learner experience merupakan konsep utama pada pendekatan ADLX dan menjadikan segala interaksi apapun di dalam lingkungan maupun diluar sebagai acuan.
Dalam jurnal ini juga membahas pada latar belakang ada 4 faktor kunci dalam pembelajaran ADLX yang harus dilakukan oleh seorang guru kepada setiap siswa, empat kunci tersebut disingkat INTROFLEX (Individualisasi, interaksi, Observasi dan Refleksi).