September 20, 2024 04:21

Mengapa Kita Harus Mengenal Islam?
February 24, 2023

Penulis :

Admin Uswah
Unit/jenjang YACT

Oleh: Juwita Kridha Wicaksini, S.S.*

Pemahaman akan Islam, hanya bisa diperoleh melalui pembinaan keislaman. Bisa melalui pelajaran di kelas (bangku sekolah), bisa juga melalui majelis ilmu/majelis taklim di masjid-masjid atau melaui media sosial. Pembinaan keislaman ini disebut juga dengan “tarbiyah“.

Di tengah kehidupan yang serba hedonisme dan cenderung bergaya “westlife” ini kehadiran tarbiyah bagaikan setetes embun di tengah kering dan gersangnya hidup. Apalagi invasi pemikiran yang dilancarkan oleh musuh-musuh Islam lewat berbagai cara telah berhasil dan sangat mewarnai kehidupan bangsa kita yang mayoritas adalah muslim. Karenanya sebagai khairu ummah kita harus melawannya dengan cara yang sama. Seluruh potensi yang kita miliki harus dioptimalkan. Dan pondasi awal untuk bisa mengoptimalkan potensi Al-Insaan yang ada dalam diri kita adalah tarbiyah.

Tarbiyah sangat penting sebagai imunitas dalam menghadapi serangan musuh, selain sebagai sarana penguat aqidah. Karena tarbiyah adalah sebuah sarana untuk membentuk pribadi dambaan ummat hingga mampu membentuk komunitas Islami menuju terwujudnya kembali sebuah peradaban ideal.

Tarbiyah pun bersumber dan bertujuan hanya kepada Allah dan menjadi sebuah proses dan tahapan, sehingga tarbiyah pun dilakukan dan berjalan secara bertahap, step by step. Sehingga tidak memberatkan dan memaksakan meski juga tidak ringan. Selain itu dalam tarbiyah juga berlaku tawazun alias seimbang.

Artinya menempatkan segala sesuatu pada haknya. Dan juga syaamil atau universal, menyentuh seluruh lini dan sisi kehidupan. Karena Tarbiyah sebagai pondasi dakwah Islam yang rahmatan lil ‘alamiin – ‘memanusiakan’ manusia. Terakhir dalam tarbiyah tidak mengenal kata cukup atau berhenti, ia berkesinambungan sepanjang hidup. Atau yang disebut life education alias tarbiyah madal hayah. *Kepala Bidang Amal Usaha Al Uswah Centre Tuban

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer