September 20, 2024 14:23

Belajar Menghargai Diri
February 24, 2023

Penulis :

Admin Uswah
Unit/jenjang YACT

Oleh: Dea Lonita Sari, S.Pd.*

Konsep diri dapat diartikan sebagai keyakinan, pandangan atau penilaian seseorang terhadap dirinya. Konsep diri dibagi menjadi dua yaitu konsep diri negatif dan konsep diri positif.

Konsep Diri Negatif

Seseorang yang memiliki konsep diri negatif artinya meyakini dan memandang bahwa dirinya lemah, tidak berdaya, tidak dapat berbuat apa-apa, tidak memiliki kemampuan, gagal, malang, tidak menarik, tidak disukai dan tidak semangat untuk menjalani hidup.

Ciri-ciri seseorang memiliki konsep diri negatif yaitu, tidak yakin terhadap kehidupan dan kesempatan yang dihadapinya. Tidak melihat tantangan sebagai kesempatan, namum lebih sebagai halangan. Mudah menyerah sebelum mencoba dan jika gagal, akan menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan orang lain.

Konsep Diri Positif

Orang yang memilki konsep diri positif akan optimis, penuh percaya diri dan selalu bersikap positif terhadap segala sesuatu, juga terhadap kegagalan yang dialaminya. Kegagalan bukan dipandang sebagai akhir dari segalanya, namun lebih sebagai penemuan dan pelajaran berharga untuk melangkah ke depan.

Ciri-ciri seseorang yang memiliki konsep  diri positif adalah, mampu mengharhai dirinya dan melihat hal-hal yang positif yang dapat dilakukan demi keberhasilan di masa yang akan datang.

Nah, bagaimana cara kita menghrgai diri sendiri?

Kenali diri sendiri

Mengenali diri merupakan sebuah proses yang mengharuskan kita untuk jujur dalam melihat dan menilai diri seperti apa. Dengan jujur kita bisa benar-benar mengetahui kelebihan dan hal-hal dalam diri kita yang masih perlu diperbaiki.

Menghargai diri sebagai ciptaan Allah

Semua ciptaan Allah adalah sempurna. Kita tidak perlu merapati diri dalam menghadapi kelemahan yang tidak bisa kita perbaiki. Kelemahan ini membuat kita mendapat kesempatan melihat hal-hal lain yang bisa kita lakukan bukan terpaku pada hal-hal yang tidak bisa kita lakukan lagi.

Sadari bahwa kita unik

Yakinlah bahwa diri kita adalah unik dan tidak ada yang bisa menyamai keunikan kita.

Atasi kelemahan yang kita miliki

Kita seringkali tidak mau mengakui kelemahan kita. Kita sering kali mengandalkan penilaian orang lain. Padahal sebenarnya jika kita jujur, kitalah orang yang seharusnya lebih tau kelemahan kita. Jika kita jujur, kita mungkin mendapatkan bahwa kelemahan kita mungkin bukan kelemahan, tetapi keselahan yang kita lakukan, yaitu kebiasaan buruk. (misalnya : menunda pekerjaan)

Kembangkan diri kita

Setelah kita mampu mengetahui kelemahan dan kekuatan kita, kita perlu mengembangkan diri agar menjadi lebih baik. Dengan cara mengikuti kegiatan yang positif dan tidak mudah putus asa.

SUDAHKAH KITA MEMILIKI KONSEP DIRI POSITIF? *Guru SMPIT Al Uswah Tuban

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer