September 20, 2024 04:21

SEBUAH TEMPAT BERKEMBANG
September 25, 2023

Penulis :

IKE NUR JANAH, S.Pd.
Unit/jenjang YACT

SEBUAH TEMPAT BERKEMBANG
Oleh: Septia Dwi Nurhayati
 

SMPIT Al Uswah Tuban. Sebuah nama yang langsung dapat membawa ingatan saya kembali pada masa dimana banyak sekali kenangan yang terangkai. Sebuah tempat berkesan yang mengajarkan banyak hal. Saya salah satu bagian dari angkatan ke-7. Selama tiga tahun saya menempuh pendidikan di sana. Hanya selama itu. Namun, begitu banyak yang terjadi dan membentuk rangkain kenangan indah yang sukar dilupakan.

Saya merasa beruntung pernah menjadi bagian dari SMPIT Al Uswah Tuban, karena bukan hanya asrama. Di sana saya menemukan teman-teman yang dengan begitu saja menjelma keluarga. Selain itu juga bertemu dengan ustadz dan ustadzah hebat yang dengan begitu sabar mengajar, dan bukan hanya itu, beliau-beliau ini sekaligus dapat menjadi teman untuk kami.

Di tempat ini, bukan hanya ilmu pelajaran yang saya dapat, namun juga mengenai kebersamaan dan kesederhanaan. Dari tempat ini saya terus berkembang menjadi pribadi yang dapat melihat suatu permasalahan dengan berbagai sudut pandang dan dapat segera menyelesaikan masalah dengan kepala dingin. Tumbuh bersama 24/7 dengan teman-teman tidak mungkin tidak ada perselisihan-perselisihan kecil yang terjadi, dan karena terus berada dilingkungan yang sama mau tidak mau membuat kami harus segera menyelesaikan perselisihan yang timbul agar tetap merasa nyaman. Dengan begitu kekeluargaan semakin kental dirasa. Dalam pelajaran dan hafalan Al-Qur’an kami memang bersaing, namun tidak membuat kami menjadi egois. Dengan saling membantu dan support satu sama lain kami melewati hari-hari menjadi seorang santri SMPIT Al Uswah Tuban.

Dari SMPIT Al Uswah Tuban pula saya mulai memiliki mimpi dan rencana dimasa depan. Berawal dari tergabung menjadi anggota club sastra, berakhir dengan saya yang ingin menjadi seorang sastrawan. Dari mimpi itulah kini saya melanjutkan pendidikan di Universitas Airlangga dengan program studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Meskipun telah berpisah dan melanjutkan dijalan masing-masing, ukhuwah di antara saya dan teman-teman tetap begitu kental terasa. Beberapa kali saya berkunjung ke SMPIT Al Uswah Tuban rasanya masih sama, penuh kehangatan, dan tentu saja membuat saya langsung nostalgia. Terimakasih telah memberi saya sebuah mimpi dan begitu banyak motivasi. Terimakasih telah menjadi tempat saya berkembang dan membentuk saya menjadi muslimah yang peduli akan sekitar. Terakhir, terimakasih telah memberi banyak kenangan dan menjadi keluarga kedua saya.     

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer