September 20, 2024 06:59

Kemiskinan Pangkal Masalah Sosial
December 15, 2023

Penulis :

Ana Lailatun Nikmah, S.Pd.
Unit/jenjang SMPIT

Indonesia sebagai negara berkembang hingga saat ini masih banyak memiliki konflik yang belum terselesaikan, seperti kasus korupsi, kemiskinan, kualitas pendidikan yang rendah, dan kerusakan lingkungan. Dari berbagai kasus tersebut, kemiskinan adalah pangkal masalah sosial di Indonesia. Berbagai masalah sosial ditimbulkan akibat kemiskinan.

Kemiskinan adalah suatu keadaan ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti sandang, pangan, papan, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan menjadi masalah sosial karena ketika kemiskinan mulai bertambah banyak maka angka kriminalitas akan meningkat. Tindak kriminalitas seperti pencurian, perampokan, penjambretan, pencopetan, pemalakan, korupsi, pembunuhan, dan penculikan. Tindak kriminalitas menciptakan kondisi yang tidak nyaman kepada masyarakat.

Kemiskinan juga berpengaruh terhadap lingkungan hidup. Penduduk miskin yang terdesak akan mencari lahan-lahan kritis atau lahan-lahan konservasi sebagai tempat pemukiman. Lahan-lahan yang seharusnya berfungsi sebagai kawasan konservasi tersebut akan kehilangan fungsi lingkungannya setelah dimanfaatkan untuk kawasan pemukiman. Hal tersebut menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan lingkungan. Selain itu, penduduk miskin juga memiliki kesulitan dalam mencari pekerjaan. Penduduk miskin tanpa mata pencaharian akan memanfaatkan lingkungan sekitar, sebagai usaha dalam memenuhi tanpa mempertimbangan kaidah-kaidah ekologis yang berlaku. Karena desakan ekonomi ini juga menyebabkan pencemaran lingkungan, baik pencemaran air maupun pencemaran udara. Pencemaran air terjadi karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan misalnya menangkap ikan dengan pestisida yang menyebabkan air menjadi tercemar. Sementara untuk pencemaran udara seperti pembakaran hutan untuk dimanfaatkan sebagai lahan pemukiman.

Kemiskinan merupakan penyebab utama kesenjangan sosial. Kesenjangan sosial adalah ketidakseimbangan sosial yang ada dalam masyarakat yang menjadikan suatu perbedaan dan sangat mencolok. Kesenjangan sosial di Indonesia sangat terlihat antara penduduk kaya dengan penduduk miskin. Penduduk kaya kurang memiliki kepedulian terhadap penduduk miskin, bahkan penduduk kaya menganggap penduduk miskin sebagai hal yang kotor.

Kesimpulannya yaitu kemiskinan merupakan kasus yang banyak menimbulkan masalah-masalah sosial. Kemiskinan dapat diatasi dengan meningkatkan kepedulian terhadap pendidikan. Pendidikan yang tinggi dapat mengurangi kesenjangan sosial, mengurangi tindak kriminalitas, dan meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer