September 20, 2024 06:58

Al-Qurán memberi energi positif
December 16, 2023

Penulis :

Rodliyatun Ni'mah,S.Pd
Unit/jenjang SDIT

Al-Qurán Memberi Energi Positif

Al-Qur’an merupakan pedoman, konsep, serta aturan hidup bagi manusia, di dalam kitab tersebut mengatur bagaimana hubungan makhluk dengan penciptanya seperti shalat, puasa, haji, dan lain sebagainya. Selain itu, Al-Quran juga mengatur hubungan antara manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan manusia yang lainnya, serta hubungan antara manusia dengan makhluk ciptaan Allah SWT lainnya.

Oleh karena itulah maka sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk mempelajari, memahami, serta mengamalkan Al- Qur’an, bahkan hal tersebut merupakan salah satu syarat utama bagi orang-orang yang beriman kepada Allah SWT.

Allah SWT berfirman :

وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ مُصَدِّقًا لِمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ الْكِتَابِ وَمُهَيْمِنًا عَلَيْهِ ۖ فَاحْكُمْ بَيْنَهُمْ بِمَا أَنْزَلَ اللَّهُ ۖ وَلَا تَتَّبِعْ أَهْوَاءَهُمْ عَمَّا جَاءَكَ مِنَ الْحَقِّ  لِكُلٍّ جَعَلْنَا مِنْكُمْ شِرْعَةً وَمِنْهَاجًا ۚ وَلَوْ شَاءَ اللَّهُ لَجَعَلَكُمْ أُمَّةً وَاحِدَةً وَلَٰكِنْ لِيَبْلُوَكُمْ فِي مَا آتَاكُمْ ۖ فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ ۚ إِلَى اللَّهِ مَرْجِعُكُمْ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ فِيهِ تَخْتَلِفُونَ

Artinya:

“Dan Kami telah turunkan kepadamu Al Quran dengan membawa kebenaran, membenarkan apa yang sebelumnya, Yaitu Kitab-Kitab (yang diturunkan sebelumnya) dan batu ujian terhadap Kitab-Kitab yang lain itu; Maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah turunkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu. untuk tiap-tiap umat diantara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang”.(QS. Al- Maidah ayat 48)

Pada pengajian yang disampaikan ustadz Faizal menjelaskan dengan mengamalkan membaca Al-Qurán, maka akan memberi efek positif pada kehidupan sehari-hari. Al- Quran mulanya diturunkan dalam bentuk kata atau suara, lalu disimpan nabi dalam hati, lalu disampaikan dengan sahabat sampai dituliskan dan bisa dibaca sampai saat ini.

Sebagaimana pembahasan mengenai pertemuan dua laut, meskipun sama-sama air namun keduanya tidak bisa menyatudan membentuk seperti dinding. Al quran sudah membahas ini jauh sebelum penelitian manusia dilakukan. Sehingga mengandung keyakinan al quran mengandung banyak rahasia illahi.

Hasil penelitian menyatakan, mendengarkan al quran berpengaruh banyak bagi otak, sehingga tubuh menjadi lebih relaks dan lebih tenang. Sehingga bagi orang yang kesulitan tidur sangat dianjurkan untuk mendengarkan atau membaca al-qurán agar mudah untuk tidur.

 

 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer