September 20, 2024 04:11

Ruang Kreativitas
December 16, 2023

Penulis :

LATIFATUL FARIDA, S.Pd
Unit/jenjang SMPIT

Salah satu isu terbesar dalam dunia pendidikan adalah : apakah kreativitas bisa dipelajari? Lalu bagaimana cara mengembangkannya? Seperti apa langkah-langkah untuk mengembangkan kreativitas anak?

Sebenarnya kreativitas bukan melulu perkara anugerah, melainkan juga bagaimana cara memberikan stimulus yang tepat. That’s the key.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa membantu meningkatkan kreativitas pada anak.

Berikan Permainan Edukatif. Permainan edukatif sangat membantu tumbuh kembang anak, khususnya meningkatkan krativitas.
Beri Pertanyaan Kepada Mereka. Coba ajukan berbagai pertanyaan yang bisa merangsang daya pikir anak. Tidak perlu termpau susah, pertanyaan seperti kok bisa ya muncul pelangi? Lalu coba tanya apa mereka sudah mengetahuinya dari materi di sekolah.
Beri Kebebasan Anak Untuk Berkreasi. Ini yang mungkin sering dilupakan. Beri kebebasan anak untuk memilih mainan, warna baju atau jenis sepatu.
Ajarkan Istilah Baru. Beberapa istilah seperti ‘korupsi’ ,”menanggulangi’, “TBC” mungkin asing bagi mereka. Coba beri tahu arti dan maknanya sambil ngobrol ringan.
Ajak Jalan-Jalan. Jalan-jalan selain menyenangkan juga bisa menambah wawasan dan pengalaman berharga bagi anak.
Crafting. Selain kognitif, anak juga perlu melakukan kerja tangan. Ajak anak membatik, bermain lego, menggunting atau membuat hiasan sederhana.
Ajarkan Bahasa Baru. Tidak ada salahnya mulai mengajarkan beberapa istilah dan practical language pada anak-anak. Ini bisa menstimulus daya kreatif mereka.
Dorong Anak Untuk Mengekspresikan Idenya. Coba tanya anak pendapat mereka tentang suatu hal. Bangun cara berpikir logis.
Beri Tayangan Yang Mendidik. Tidak hanya di televisi, hati-hati dan selektiflah dalam memilih channel youtube.
Hindari Untuk Memarahi Anak. Marah adalah salah satu cara untuk mendidik anak, bukan satu-satunya. Hindari untuk marah berlebihan dengan anak.
Kembangkan Jiwa Seni. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti melihat karya seni, membuat lukisan atau mendengarkan musik.
Bacakan Cerita Sebelum Tidur. Rangsang imajinasi anak dengan cerita-cerita bermutu.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer