September 20, 2024 07:16

5 manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh
December 23, 2023

Penulis :

Annisaul adibah
Unit/jenjang TPAIT

Jalan kaki sering kali dianggap sepele daripada jenis olahraga lainnya, seperti joging atau bersepeda. Padahal, manfaat jalan kaki bukan hanya sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari saja, melainkan juga bisa menjadi salah satu jenis olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan,ini 5 manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh:

Menurunkan berat badan
Manfaat jalan kaki yang satu ini pastinya sangat diharapkan oleh banyak orang. Dengan hanya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari saja, Anda bisa membakar setidaknya 150 kalori. Makin cepat langkah kaki Anda, makin banyak pula kalori yang terbakar.

2. Meningkatkan energi

Anda bisa berjalan kaki untuk meningkatkan energi. Jalan kaki akan memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh, sekaligus mengaktifkan hormon kortisol, epinefrin, dan norepinefrin di dalam tubuh. Kedua manfaat jalan kaki tersebut akan membuat tubuh lebih berenergi.

 

Bahkan, jalan kaki dianggap sebagai cara meningkatkan energi yang lebih efektif dibandingkan dengan minum kopi.

3. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis disebabkan oleh pengeroposan tulang sehingga tulang menjadi rapuh dan lebih mudah patah. Untuk mencegah osteoporosis, Anda dapat mencoba berjalan kaki secara rutin setiap hari. Manfaat jalan kaki untuk kesehatan tulang ini juga bisa Anda kombinasikan dengan aktivitas lain, seperti hiking dan joging.

4. Memperkuat daya tahan tubuh
Jalan kaki secara rutin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit infeksi. Sebuah studi menunjukkan bahwa seseorang yang berjalan kaki selama 30–45 menit setiap harinya akan lebih jarang sakit dibandingkan dengan mereka yang tidak berjalan kaki.

5. Mengurangi stres
Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati serta mengurangi rasa cemas dan depresi. Selain itu, jalan kaki juga membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Untuk mendapatkan manfaat jalan kaki, lakukanlan olahraga ini dengan rutin, minimal 30 menit setiap hari. Jika tidak memungkinkan dilakukan dalam satu waktu, Anda bisa membagi waktu jalan kaki, contohnya 10 menit di pagi hari, 10 menit di siang hari, dan 10 menit di sore hari.

Jangan malas untuk berjalan kaki agar kesehatan tubuh Anda tetap terjaga. Namun, berjalan kaki saja juga tidak cukup. Anda perlu mengimbanginya dengan pola makan yang sehat, seperti konsumsi makanan bernutrisi seimbang, minum air yang cukup, tidur yang cukup, serta kelola stres dengan baik. 

 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer