September 20, 2024 09:54

Keterampilan Mendengar, Poin Penting dalam Komunikasi
February 15, 2024

Penulis :

Wahyu Sri Sudiarmini
Unit/jenjang Amal Usaha

KETRAMPILAN MENDENGAR  ADALAH  POIN  PENTING  DALAM  KOMUNIKASI  YANG  EFEKTIFF.

Komunikasi adalah  kunci  penting  dalam membangun  sebuah  hubungan  yg  baik  antar  individu. Komunikasi  yang  efektif  sangat  bergantung  pada  ketrampilan  seseorang  dalam  mengirim  maupun  menerima    pesan  .

Komunikasi  efektif  inilah  yang  menjadi permasalahan orang  Indonesia  karena  kurangnya  ketrampilan  mendengar    dalam  berkomunikasi  mengakibatkan   mereka  lebih  banyak  berpendapat  untuk mengemukakan  masalah  daripada  berpendapat   memecahkan  masalah.

Semakin  baik  dan  lancar  komunikasi  dan  ketrampilan  mendengar  kita  maka semakin  bagus  hubungan  dengan  dunia  luar  dan  semakin  sedikit  kesalahpahaman  yg  terjadi  dg  orang  lain.

Ada  3 tipe  ketrampilan  mendengarkan

1. Mendengarkan isi (content listening)

Mencermati,memahami, menguasai  pesan pembicara , penekanannya adalah  pada  informasi dan  anda  dapat  mengajukan  pertanyaan  untuk  memperjelas  materi.

2. Mendengarkan  dengan  kritis  ( critical  listening)

Memahami  ,  mengevaluasi  arti pesan  pembicara pada  tataran :  logika,  argumen,  kesimpulan  yg  valid. Bila  diperlukan  ajukan  pertanyaan untuk menyelidiki  sudut  pandang dan  kredibilitas  pembicara.

3. Mendengarkan  dengan  empati  (empathic  listening)

Memahami  perasaan,  kebutuhan  dan  keinginan  si  pembicara.

Dengan  mendengarkan  secara  empati anda  membantu  individu  tersebut  melepaskan emosinya , mengeluarkan  semua  beban yang  selama  ini  mungkin  tidak  terkomunikasikan  dengan  baik  sehingga  menghambat  produktifitas  kerja. Hal  semacam  ini yg  seringkali kita  temui  ditempat  kerja.

Hubungan komunikasi  antara  atasan  dan  bawahan  tidak bisa  harmonis,  sering  mis  komunikasi  karena tidak  adanya  ketrampilan  mendengar.  karena  pada  dasarnya  setiap  individu  mempunyai  persoalan masing2  yg  butuh disampaikan ( dalam  bahasa  sederhana cukup  untuk  didengarkan  saja  keluh  kesahnya) Hanya  ingin  didengarkan  segala apa yg ada di pikirannya, dan tidak  semua  atasan  rekan  sekerja  bisa  menjadi  pendengar  yang  baik . Kegiatan  mendengarkan bukanlah  pekerjaan  yang  mudah  dan  perlu  latihan  yang  cukup  agar  bisa   memahami  suatu  percakapan  ,  memilih  kata2  yg  tepat,  untuk  disampaikan  ke pihak  lain . Para manajer  yang  baik  adalah  yg  menghabiskan  waktunya  untuk mendengarkan  dan  berbicara  dengan  supervisor, karyawan  ,  pelanggan  dann  berbagai  asosiasi  bisnis.

Kebiasaan  sebagai  pendengar  yang  baik  menghasilkan  hal  hal  yang  positif :

1. Disukai  banyak  orang karena  mereka  bisa  memuaskan  kebutuhan  dasar   manusia (  untuk  didengarkan )  mereka  menjadi  pendengar  yg  eksklusif (  dicari)

2. Kinerja  karyawan  meningkat  ketika  pesan  yg  diterima  dapat  dimengerti  dengan  baik

3. Atasan  dan  bawahan terhindar  dari  kesalahpahaman

4.Pendengar  yg  baik  akan memisahkan  mana  fakta  dan  mana yg  gosip.

5. pendengar  yg  baik  cenderung  membuka  ide2 baru dan  mendorong  kreatifitas.

6.kepuasan  kerja  meningkat  karena  mereka  tahu  apa  yg  terjadi,kapan  mendengar  dan  kapan berpartisipasi   di  dalamnya  yg  tumbuh  darikomunikasi  yg  baik.

3. Atasan  dan  bawahan  terhindar

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer