September 20, 2024 12:34

7 Tips Tetap Bugar di Bulan Ramadhan
March 7, 2024

Penulis :

Afaf D. Putra
Unit/jenjang SMAIT

Bulan Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam di mana kita berpuasa dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selama bulan ini, menjaga kesehatan menjadi sangat penting, terutama dalam hal menjaga asupan air minum. Idealnya kita butuh 8 gelas air putih dalam 1 hari, karena kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi dan dampak negatif lainnya terhadap kesehatan. Sering kita berpikir minum yang banyak ketika sahur agar tidak lemas ketika disiang hari. Namun pola pikir seperti itu ternyata salah, berikut adalah tips menjaga kebugaran selama berpuasa:

1.       Mulailah dengan Air Putih

Usahakan untuk mengonsumsi setidaknya delapan gelas air selama waktu antara berbuka dan sahur. Minumlah setidaknya satu atau dua gelas air putih saat sahur. Ini akan membantu tubuh Anda terhidrasi sepanjang hari. Hindari minuman berkafein seperti teh atau kopi karena dapat mengakibatkan dehidrasi karena sifat diuretiknya. Sebaiknya hindari minuman ini atau konsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas.

2.       Pilih Makanan yang Mengandung Air

Konsumsi buah-buahan dan sayuran segar yang memiliki kandungan air tinggi seperti semangka, timun, tomat, dan stroberi untuk membantu tubuh tetap terhidrasi. Hindari makanan asin dan pedas karena makanan yang tinggi garam atau pedas dapat meningkatkan kehausan. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang rendah garam dan pedas selama bulan Ramadhan.

3.       Jaga Kondisi Udara

Hindari berada di tempat yang terlalu panas atau lembab selama berpuasa, karena hal ini dapat meningkatkan risiko dehidrasi. Pastikan ruangan tempat Anda berada terdapat ventilasi yang cukup.

4.       Konsumsi Air secara Bertahap

Setelah berbuka, hindari minum air dalam jumlah besar secara mendadak. Lebih baik untuk meminum air secara bertahap diawali ketika berbuka dengan meminum segelas air putih dilanjutkan dengan makanan ringan seperti kurma/buah lainnya kemudian sholat Maghrib. Setelah itu minum 1 gelas air putih lagi dan makan makanan berat porsi kecil atau secukupnya dan diakhiri dengan minum 1 gelas air putih. Setelah sholat Isya’ dan Taraweh minum lagi 1 gelas air putih. Selanjutnya bisa nyemil dulu dan minum 1 gelas air putih sebelum tidur.

5.       Perhatikan Waktu yang Tepat

Perbanyak minum air pada waktu sahur dan berbuka, karena pada waktu-waktu ini tubuh memiliki kesempatan terbatas untuk mengonsumsi cairan. Jangan malas minum karena malas ke kamar mandi karena itu adalah cara bagi tubuh kita menyeimbangkan kebutuhan cairan di dalam tubuh kita.

6.       Jaga Kondisi Fisik

Hindari kegiatan fisik yang berat selama berpuasa terutama di siang hari yang panas. Olahraga ringan lebih disarankan dilakukan pada malam hari setelah berbuka. Hindari juga tidur setelah sahur karena berakibat buruk bagi tubuh, manfaatkan waktu setelah subuh untuk memperbanyak bacaar Al Qur’an kita.

7.       Perhatikan Gejala Dehidrasi

Kenali gejala dehidrasi seperti mulut kering, sakit kepala, kelelahan, atau urine berwarna gelap. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera minum air dan istirahatlah.

Menjaga asupan air minum selama bulan Ramadhan adalah kunci untuk tetap sehat dan bugar selama berpuasa. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat menjaga tubuh tetap terhidrasi dan meningkatkan kesejahteraan selama bulan suci ini.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer