September 20, 2024 06:59

Menghafal Al Qur’an Meningkatkan Kecerdasan
March 30, 2024

Penulis :

Erna Dwi Puspitasari, S.Pd.
Unit/jenjang SDIT

Menghafal Al Qur’an Meningkatkan Kecerdasan

 

Al Qur’an adalah kalam Allah SWT mengandung  hikmah dan petunjuk, karena Allah SWT adalah penciptan manusia dan alam semesta. Membaca Al-Quran setelah maghrib dan subuh dapat meningkatkan kercerdasan otak hingga 80 persen, hal ini karena pada waktu tersebut merupakan pergantian dari siang ke malam dan dari malam ke siang hari. Disamping itu, ada tiga aktivitas sekaligus yang dilakukan yaitu membaca, melihat dan mendengar. terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang itu kuat ingatan atau hafalannya diantaranya:

1.      Menyedikitkan makan

2.      Membiasakan melaksanakan ibadah shalat malam

3.      dan membaca Al-Quran sambil melihat kepada mushaf

 

Tak ada lagi bacaan yang dapat meningkatkan terhadap daya ingat manusia, dan juga memberikan ketenangan kepada seseorang kecuali membaca dengan Kitab Suci Al-Quran. Selain itu, membaca Al-Quran juga mendatangkan pahala.

Dokter ahli jiwa, Dr. Al Qadhi melalui penelitiannya yang panjang dan serius di Klinik Besar Florida Amerika Serikat (AS) berhasil membuktikan bahwa hanya dengan mendengarkan bacaan ayat-ayat Al-Quran, maka seorang Muslim itu baik mereka yang biasa berbahasa Arab maupun bukan, dapat merasakan perubahan sebagai berikut:

·         Fisiologis yang sangat besar

·         Penurunan Depresi kesedihan

·         Memperoleh ketenangan jiwa

·         Menangkal berbagai macam penyakit merupakan pengaruh umum yang dirasakan orang-orang yang menjadi objek penelitiannya.

Penemuan sang dokter ahli jiwa ini tidak serampangan. Penelitiannya ditunjang dengan bantuan peralatan elektronik terbaru untuk mendeteksi tekanan darah, detak jantung, ketahanan otot, dan ketahanan kulit terhadap aliran listrik.

Dari hasil uji cobanya tersebut, ia menyimpulkan bahwa membaca Al-Quran berpengaruh besar hingga 97 persen melahirkan ketenangan jiwa dan penyembuhan penyakit. Dalam laporan sebuah penelitian yang disampaikan dalam Konferensi Kedokteran Islam Amerika Utara pada tahun 1994 disebutkan Al-Quran terbukti mampu mendatangkan ketenangan sampai 97 persen bagi mereka yang hanya mendengarkannya .

Menurut paparan ustadz Adi Hidayat dalam sebuah tausyiahnya menyebutkan bahwa menurut ilmuan barat, seseorang yang menghafal Al Qur’an dengan benar akan meningkatkan kecerdasannya 3 kali lipat. Sesuai dengan potongan  Q.S. Al Baqarah: 282 yang artinya ´…. bertakwalah kepada Allah, Allah memberikan pengajaran kepadamu……”. Berdasarkan potongan ayat tersebut Allah akan memudahkan pemahaman seseorang jika dia bertakwa . Contoh beberapa ilmua besar Islam dapat menciptakan karya yang sampai sekarang bermanfaat untuk perkembangan ilmu pengetahuan seperti as Safi’, al Farabi, Ibnu Sina dll. Sejak kecil yang dibiasakan dan dilakukan ilmuan-ilmuan muslim tersebut adalah sholat dan membaca Al Qur’an. Allahu A’lam.

 

Referensi: 

Sumber: mardiyas.com

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer