September 20, 2024 12:54

FROM PLANNING TO INSPIRING
May 24, 2024

Penulis :

MULYADI,S.Pd.I
Unit/jenjang YACT

 

Dalam sebuah lembaga atau organisasi membuat rencana dan goal adalah salah satu tugas seorang manager, tetapi menggerakkan tim adalah tugas seorang pemimpin. Dalam tahapan planning tentu akan di awali dengan menyusun visi dan misi, dilanjutkan dengan rencana strategis satu tahun, perencanaan bulanan hingga perencanaan pekanan.

Pemimpin yang hebat tentu tidak cukup hanya merumuskan visi misi dan program yang inspiratif, tetapi juga harus mampu menerjemahkannya kedalam perencanaan yang kongret yang akan menjadi panduan umum mengenai langkah – langkah apa yang harus dilakukan oleh anggota timnya.

Dalam proses penyususnan perencanan agar memunculkan rasa memiliki tentu pemimpn yang baik akan melibatkan  anggota timnya. Sehingga perencanaan tersebut akan lebih mudah dan effectif dalam pelaksanaanya. Namun perlu disadari oleh seorang pemimpin ada hal yang juga penting dari itu semua adalah bagaimana menggerakkan tim untuk bisa melakukan program dan perencanaan itu semuanya dengan baik.

Ryan Martiyan dalam bukunya The Leader 5.O menjelaskan  bahwa pemimpin era sekarang tidak cukup hanya dengan kemampuan menyususun perencanaan yang baik tapi juga harus bisa menjadi inspiring bagi timnya. Mampu menjadi inspirasi tidak cukup hanya dengan  “ ini yang akan kita capai, ini yang harus dilakukan” lebih dari itu . pemimpin yang menginspirasi lebih kepada memberikan ruh atas semua rencana, menanamkan nilai , keyakinan dan tujuan mengapa rencana tersebut harus di lakukan. Pemimpin yang mengispirasi tidak membiarkan timnya bergerak sebagaimana zombie yang bergerak tanpa ruh, tanpa nilai dan keyakinan yang mendasarinya. Tidak cukup  “ yang penting bekerja, program berjalan” tapi harus ada kebermaknaan dalam bekerja.

Pemimpin yang mengispirasi tidak hanya memastikan timnya mengetahui apa yang harus dilakukan, dan bagaimana cara melakukanya tapi juga memastikan semua timnya mengetahui “why”nya. Mengetahui mengapa organisasinya/  lembaganya  ini didirikan?. Mengapa perencanaan ini ada?, Mengapa seseorang datang pagi pulang sore untuk bekerja?.dan mengapa meraka peduli dengan apa yang harus mereka lakukan? 

Bagi pemimpin yang menginspirasi disana ada sebuah misi dibalik sebuah rencana, ada human dighnity ( martabat) dibalik materi yang ingin dicapai dan ada tujuan spiritual yang ingin diwujudkan. Dengan mengkombinasikan antara planning dan inspiring dapat menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kinerja tim yang luar biasa.

( Materi Leadership YACT. Mengokohkan TUPOKSI kepala sekolah, 06 Mei 2024 )

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer