September 20, 2024 07:16

Because their childhood is our parenthood
June 13, 2024

Penulis :

Gefin Wahyu Sefriventis, S.Kep.,Ns.
Unit/jenjang SDIT

CHILDREN

 

Childhood adalah masa yang penting bagi seorang anak untuk mereka bisa mengeksplor segala hal di lingkungan mereka. Masa untuk bersenang-senang. Bermain dan belajar segala hal positif di sekitar mereka. 

Kita sebagai orang tua yang berada di sekitar perlu sekali untuk memahami hal-hal yang akan membuat masa kecil mereka berarti, full of happy memories  yang akan mereka ingat sampai dewasa nanti. Bukan hal baik jika masa kecil mereka harus dipatokkan dengan seberapa besar nilai dalam pelajaran sekolah. But, pikirkan apa yang bisa kita lakukan untuk bisa membuat mereka tersenyum bahagia, belajar merasakan empati, belajar menahan emosional dan hal lain yang akan menghindarkan anak-anak dari masa kecil yang penuh trauma, penuh tekanan yang pasti akan mempengaruhi masa depan mereka. 

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan tentang masa kecil anak adalah perkembangan emosional mereka bagaimana mereka melampiaskan rasa kecewa, sedih, marah dengan cara yang benar diantaranya : 

  • Recognition of emotion, yaitu mengidentifikasi emosi orang di sekitar kita pengenalan emosi dengan memperhatikan ekspresi wajah.
  • Development of empathy, yaitu mengembangkan rasa empati pada diri anak terhadap orang disekitarnya
  •  Emotional environment at home, yaitu menciptakan rumah yang mendukung secara emisional.
  • Building self esteem, membantu anak mengenalkan tentang pentingnya harga diri.

Masa childhood adalah masa yang penting bagi perkembangan anak maka patut kita sebagai tenaga pendidikan, sebagai orang dewasa turut serta menjadi pemeran penting dalam perkembangan tersebut karena dimanapun kita berada pasti akan menjumpai anak-anak. Mari menciptakan lingkungan ramah anak di sekitar kita. 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer