September 20, 2024 06:48

Pentingnya menjaga pola tidur untuk kesehatan
June 14, 2024

Penulis :

DIAN NITA FITRIYANTI, S.M
Unit/jenjang SDIT

Tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, karena saat tidur organ tubuh kita juga beristirahat. Kalau kamu tidak tidur, pasti kamu akan merasa kelelahan dan bisa menyebabkan kematian lho. 

Memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas merupakan kunci untuk merasa segar dan bugar sepanjang hari. Namun, seringkali kita mengabaikan pentingnya waktu tidur yang cukup, dan hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan kita secara keseluruhan.

Berapa lama sih, waktu ideal yang cukup untuk tidur?

Menurut National Sleep Foundation, waktu tidur ideal untuk orang dewasa adalah antara 7-9 jam per malam. Jika kurang dari jam tersebut, mungkin tidak akan berdampak dalam jangka pendek. Namun, jika dilakukan berulang, akan berdampak di jangka panjang.

Penting untuk diingat bahwa kebutuhan tidur setiap individu dapat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti usia, tingkat aktivitas fisik, kesehatan secara keseluruhan, dan faktor genetik. Waktu ideal tersebut bisa dijadikan landasan untuk memulai hidup sehat.

*Tips untuk memperbaiki kualitas tidur :

1. Tetapkan jadwal tidur yang konsisten, termasuk waktu libur diakhir pekan

2. Buat lingkungan yang sejuk, cahaya yang redup, dan tempat tidur yang nyaman

3. Hindari makanan yang berat dan minuman yang mengandung kafein sebelum tidur

4. Latihan relaksasi/meditasi (pernafasan dalam) untuk membantu menenangkan fikiran

5. Batasi menggunakan gadget sebelum tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan. Menjaga pola tidur yang sehat dan memprioritaskan waktu tidur yang cukup setiap malam, kita dapat merasakan manfaatnya dalam meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan jangka panjang kita. 

Jadi, mari kita berkomitmen untuk memberikan prioritas pada waktu tidur yang cukup dan berkualitas setiap malam demi kesehatan dan kesejahteraan kita yang lebih baik.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer