September 20, 2024 06:51

Relevansi Islam, Iman, dan Ihsan
June 15, 2024

Penulis :

Devi Reisma Nur Fadhilah, S.Pd
Unit/jenjang SDIT

📌Apa itu iman, islam, dan ihsan?
Iman, Islam, dan Ihsan telah dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW, yang bisa kita lihat di buku kumpulan hadist Arba’in an-Nawawiyyah urutan kedua.

🍃Iman adalah percaya dengan cara membenarkan sesuatu dalam hati, kemudian diucapkan oleh lisan, dan dikerjakan dengan amal perbuatan.
Iman tersebut meliputi enam perkara yang disebut dengan rukun iman.
1. Iman kepada Allah
2. Iman kepada malaikat
3. Iman kepada hari akhir
4. Iman kepada kitab-kitab
5. Iman kepada nabi atau rasul
6. Iman kepada takdir yang baik maupun buruk.

🍃Islam berarti ketundukan (taslim), kepasrahan, menerima, tidak menolak, tidak membantah, dan tidak membangkang. Artinya, penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah SWT.
Lima pilar rukun Islam yaitu:
1. Bersyahadat bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah dan rasulNya
2. Mendirikan sholat
3. Menunaikan zakat
4. Puasa Ramadhan
5. Mengerjakan haji bila mampu.

🍃Sementara itu, ihsan adalah berbakti dan mengabdikan diri kepada Allah SWT dengan dilandasi kesadaran dan keikhlasan. Berbakti kepada Allah tersebut dapat berupa berbuat sesuatu yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun sesama manusia.

📌📌Hubungan antara iman, Islam, dan ihsan diibaratkan sebagai segitiga sama sisi. Segitiga tersebut tidak akan terbentuk bila ketiga sisinya tidak saling terkait.
Pengertian iman, Islam, dan ihsan juga dapat disebut sebagai suatu bangunan bagi umat muslim. Iman menjadi pondasi diri, Islam yang menjadi tiang-tiangnya, dan ihsan sebagai atapnya. Pondasi (iman) yang kuat akan membantu bangunan (Islam dan ihsan) berdiri tegak dan kokoh.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer