September 20, 2024 06:46

Dampak overthinking bagi kesehatan tubuh
June 17, 2024

Penulis :

Laila

Teman-teman mungkin pernah merasakan overthinking bahkan sampai stress memikirikan suatu hal. Overthinking merupakan suatu kecenderungan ketika seseorang menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan hal tertentu dengan berlebihan dan berulang-ulang. Ketika mengalami overthinking, seseorang akan kesulitan untuk fokus kepada hal lain selain hal yang sedang dipikirkannya. Pikirannya menjadi hanya tertuju kepada satu hal yang sedang dipikirannya terus-menerus.  Overthinking memiliki dampak bagi kesehatan tubuh yaitu : 

1. Mempengaruhi sistem pencernaan, Terlalu banyak berpikir bisa menyebabkan stres, yang pada akhirnya memengaruhi sistem pencernaan. Misalnya gerd dan gampang perih

2. Risiko kanker meningkat 

Overthinking atau berpikir berlebihan menyebabkan stres dan aktivitas konstan sumbu hipotalamus hipofisis adrenal merusak respons imun, yang menyebabkan kanker tertentu berkembang terus-menerus. 

3. Fungsi jantung terganggu

Overthinking dan khawatir berlebihan bisa membahayakan kesehatan kardiovaskular. Sakit dada, takikardia, pusing, merupakan beberapa masalah yang bisa muncul akibat overthinking. Faktor risiko seperti depresi, penyalahgunaan zat dan kesulitan tidur yang berkaitan dengan kekhawatiran kronis juga bisa memperparah masalah. 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer