September 20, 2024 06:56

Pembelajaran Wudhu dan Sholat yang benar
June 17, 2024

Penulis :

Aristi Ulul Chasanah, S.Pd
Unit/jenjang TKIT

Penulis : Anik Sriani

Jenjang : TKIT

Pembelajaran wudhu dan salat yang benar
Mampu beribadah dengan benar adalah harapan dari semua orangtua ketika menyekolahkan putra-putrinya di sekolah Islam. Dan betapa bahagianya orangtua ketika lulus TK, putra-putri mereka telah mampu melaksanakan ibadah dengan baik. Dari semua kegiatan yang diajarkan di sekolah, berwudhu dan salat adalah kegiatan rutin yang dilakanakan di sekolah. Dikelas A anak-anak diajarkan cara berwudhu, gerakan-gerakan salat yang benar. Dan selanjutnya untuk pembiasaan, anak-anak melaksanakan salat dhuha sekali dalam sepekan. Sedangkan kelas B, setiap harinya mereka melaksanakan pembelajaran salat dhuhur, dan salat dhuha sepekan sekali.
Dengan pembiasaan melaksanakan ibadah tersebut, diharapkan ketika mereka duduk dibangku SD, mereka sudah mampu melaksanakannya dengan baik dan benar. Dan tentunya akan menjadi kebiasaan mereka untuk melaksanakan kewajiban sebagai hamba Allah, yaitu melaksanakan rukun Islam yang kedua, salat.
Bukan hal yang mudah untuk mengajarkan kepada mereka mengenai tata cara berwudhu dan salat dengan baik, dibutuhkan kesabaran dalam mengajarkan dan kerja sama yang baik antara pihak sekolah yaitu Ustazah, dengan orangtua di rumah. Di sekolah belajar bersama dengan Ustazah dan diteruskan di rumah dengan salat bersama orangtua.
Ibadah salat merupakan kewajiban bagi seorang muslim, dan dengan belajar sejak kecil dan istiqomah melaksanakan, inya Allah jika sudah masanya mereka baliq dan harus melaksanakan salat sehari lima kali, bukanlah sesuatu yang memberatkan hidupnya. Mereka akan melaksanakannya sebagai kebutuhan bukan lagi kewajiban.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer