September 20, 2024 04:09

Mengenal angka dengan lagu
June 21, 2024

Penulis :

Nadia

Bunda, pernahkah bertanya-tanya tentang kapan waktu yang tepat mengenalkan angka pada anak? Bila ya, Anda kini tak perlu ragu lagi. Sebab hal ini dapat Anda lakukan sejak dini, bahkan sebelum si kecil masuk PAUD atau TK.
Tau kah bunda, menurut Judith A. Hudson, PhD., Psikolog Perkembangan sekaligus dosen di Rutgers University di New Brunswick, New Jersey, Amerika Serikat, rupanya anak sudah dapat diperkenalkan atau belajar mengenal angka sejak ia berusia 1 tahun. Tentunya, ajarkanlah anak-anak mengenal konsep matematika itu dengan cara yang menyenangkan dan sederhana. Misalnya saja, menghubungkan angka dengan aktivitas sehari-harinya. Hal ini agar ia tertarik dengan apa yang sedang dipelajarinya saat itu.
Dilansir Parenting First Cry, berikut ini ada beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengenalkan angka pada anak. Salah satunya dengan metode bernyanyi menggunakan lagu
Ajarkan Angka atau Berhitung dengan Lagu
Salah satu hal mudah yang dapat Anda lakukan adalah menyanyikan lagu yang liriknya menyebutkan angka-angka. Dalam bahasa Indonesia, misalnya saja Anda dapat mengajarkan lagu ‘Balonku’, ‘Satu-satu Aku Sayang Ibu’, dan lainnya. Lakukan hal ini dengan cara yang menyenangkan, misalnya sambil menggunakan jari Anda saat bernyanyi agar si kecil dapat memahami bahwa angka tertentu berhubungan dengan banyak jari yang digunakan. Atau bunda bisa mengkreasikan dengan berbagai lagu yang lain.
Tak ada salahnya pula, ajak ia bernyanyi bersama dan biarkanlah ia mengikuti lirik lagu tersebut –meski kata yang ia ucapkan mungkin belum jelas. Ya bunda, sudah bisa menyebutkan nama angka-angka saja itu artinya suatu proses belajar yang baik dilakukan si kecil.
Bunda, ternyata belajar angka melalu metode bernyanyi lebih efektif untuk anak usia dini, karena akan lebih mudah bagi anak menangkap memori yang kita ajarkan lewat metode bernyanyi, anak merasa senang dan antusias. jadi slamat mencoba bunda

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer