Pengertian Peningkatan Mutu Pendidikan
Pendidikan merupakan upaya meningkatkan kualitas hidup manusia dengan cara memanusikan manusia. Saat ini tantangan pendidikan sangat di tentukan oleh seberapa besar pengaruh sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan, dengan adanya pertanyan demikian hadirlah manajemen berbasi sekolah atau yang sering di singkat MBS untuk dapat menjawab
persoalan yang terjadi dengan memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah, agar sekolah
memiliki kewenangan sehinga dapat mengatur dan menata segala macam aspek-aspek yang
dianggap masih lemah dalam peningkatan mutu pendidikan. Secara epistemology pendidikan
berasal dari bahasa yunani yaitu pedagogi yang artinya pendidikan dan pedagoe yang artinya
ilmu pendidikan.
Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk membangun dan meningkatkan mutu
sumber daya manusia menuju era globalisasi yang penuh dengan tantangan.dengan kata lain
pendidikan diartikan sebagai proses upaya manusia untuk dapat mngembangkan potensinya
menumbuhkan dan mengembangkan potensi bawaan baik secara jasmani maupun rohani
dalam diri manusia.
Menurut Garis Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1973 di sebutkan
pendidikan adalah usaha sadar mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di
luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.Di dalam Undang Undang SIDIKNAS No 20
Tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian
diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang di perlukan
dirinya,masyarakat,bangsa dan Negara
Dari beberapa penjelasan teori yang telah di kemukakan di atas maka dapat
di simpulkan bahwa pendidikan adalah proses mengembangkan potensi sumber daya manusia
untuk dapat berkembang, kreatif, cakap, berilmu, beragama, berakhlak mulia dan
berwawasan luas dalam dirinya. Pendidikan selalu berhubungan erat dengan mutu atau
kualitas secara umum, mutu adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh dari sumber daya
manusia atau jasa, dan sarana prasarana yang menunjukan kemampuannya dalam memuaskan
kebutuhan yang di harapkan atau yang tersirat.dan menurut Mukhtar dan Suparto(2003:52)
dalam Kompri(2014:293) menjelaskan bahwa mutu adalah mengerjakan sesuatu pada saat
yang tepat,selalu berusaha untuk mencapai peningkatan dan selalu berusaha memuaskan
pelanggan.dan di dalam kamus besar bahasa Indonesia mutu adalah baik buruk suatu
benda:kadar,taraf atau derajat misalnaya kepandaian,kecerdasan dan sebagainya.
Dengan demikian peningkatan mutu adalah gambaran atau karakteristik sumber daya
manusia dan sumber daya lainya yang menyangkut beberapa aspek yang dapat dikerjakan
untuk mencapai peningkatan hasil yang baik dan berkualitas.
Dalam peningkatan mutu pendidikan terdapat dua hal penting yakni mengacu pada
proses pendidikan dan hasil pendidikan.proses pendidikan yang bermutu apabilah seluruh
komponen pendidikan terlibat dalam proses pendidikan itu sendiri. Adapun factor-factor
pendukung dalam proses peningkatan mutu pendidikan sebagai input yaitu meliputi sumber
daya manusia (kepala sekolah,guru dan guru BP,karyawan dan peserta didik) dan sumber
daya selebihnya (peralatan,perlengkapan,uang dan bahan lainya).menurut Beeby yang di
kutip oleh Noesan (2003) di dalam Popi Sopiatin di jelaskan dalam peningkatan mutu
pendidikan terdapat tiga prespektif yaitu Ekonomi,Sosiologi dan Pendidikan.
a. Prespektif ekonomi
Berdasarkan prespektif ekonomi bahwa pendidikan yang bermutu dapat meningkatkan
kesejahteraan hidup manusiasehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi
masyarakat.
b. Prespektif sosiologi
Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang bermanfaat terhadap seluruh masyarakat di
lihat dari kebutuhan masyarakat itu sendiri,seperti kebutuhan masyarakat akan hubungannya
di dalam kelompok misalnya (berinteraksi sesama anggota masyarakat), perkembangan
budaya masyarakat,serta mempersiapkan masyarakat untuk dapat menerima perubahan dan
perkembangan teknologi
c. Prespektif pendidikan
Pendidikan bermutu menurut prespektif pendidikan itu sendiri dapat di lihat dari sisi prestasi
siswa,proses pembelajaran,kemampuan lulusan dalam mengembangkan potensinya di
masyarakat seta dalam hal memecahkan masalah dan berfikir kritis.