Desember 21, 2024 21:32

Peningkatan mutu pendidikan
June 21, 2024

Penulis :

Febrianti amanda putri

Pengertian Peningkatan Mutu Pendidikan

Pendidikan merupakan upaya meningkatkan kualitas hidup manusia dengan cara memanusikan manusia. Saat ini tantangan pendidikan sangat di tentukan oleh seberapa besar pengaruh sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan, dengan adanya pertanyan demikian hadirlah manajemen berbasi sekolah atau yang sering di singkat MBS untuk dapat menjawab

persoalan yang terjadi dengan memberikan otonomi lebih besar kepada sekolah, agar sekolah

memiliki kewenangan sehinga dapat mengatur dan menata segala macam aspek-aspek yang

dianggap masih lemah dalam peningkatan mutu pendidikan. Secara epistemology pendidikan

berasal dari bahasa yunani yaitu pedagogi yang artinya pendidikan dan pedagoe yang artinya

ilmu pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk membangun dan meningkatkan mutu

sumber daya manusia menuju era globalisasi yang penuh dengan tantangan.dengan kata lain

pendidikan diartikan sebagai proses upaya manusia untuk dapat mngembangkan potensinya

menumbuhkan dan mengembangkan potensi bawaan baik secara jasmani maupun rohani

dalam diri manusia.

Menurut Garis Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1973 di sebutkan

pendidikan adalah usaha sadar mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di

luar sekolah dan berlangsung seumur hidup.Di dalam Undang Undang SIDIKNAS No 20

Tahun 2003 menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk

mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif

mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian

diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang di perlukan

dirinya,masyarakat,bangsa dan Negara

Dari beberapa penjelasan teori yang telah di kemukakan di atas maka dapat

di simpulkan bahwa pendidikan adalah proses mengembangkan potensi sumber daya manusia

untuk dapat berkembang, kreatif, cakap, berilmu, beragama, berakhlak mulia dan

berwawasan luas dalam dirinya. Pendidikan selalu berhubungan erat dengan mutu atau

kualitas secara umum, mutu adalah gambaran dan karakteristik menyeluruh dari sumber daya

manusia atau jasa, dan sarana prasarana yang menunjukan kemampuannya dalam memuaskan

kebutuhan yang di harapkan atau yang tersirat.dan menurut Mukhtar dan Suparto(2003:52)

dalam Kompri(2014:293) menjelaskan bahwa mutu adalah mengerjakan sesuatu pada saat

yang tepat,selalu berusaha untuk mencapai peningkatan dan selalu berusaha memuaskan

pelanggan.dan di dalam kamus besar bahasa Indonesia mutu adalah baik buruk suatu

benda:kadar,taraf atau derajat misalnaya kepandaian,kecerdasan dan sebagainya.

Dengan demikian peningkatan mutu adalah gambaran atau karakteristik sumber daya

manusia dan sumber daya lainya yang menyangkut beberapa aspek yang dapat dikerjakan

untuk mencapai peningkatan hasil yang baik dan berkualitas.

Dalam peningkatan mutu pendidikan terdapat dua hal penting yakni mengacu pada

proses pendidikan dan hasil pendidikan.proses pendidikan yang bermutu apabilah seluruh

komponen pendidikan terlibat dalam proses pendidikan itu sendiri. Adapun factor-factor

pendukung dalam proses peningkatan mutu pendidikan sebagai input yaitu meliputi sumber

daya manusia (kepala sekolah,guru dan guru BP,karyawan dan peserta didik) dan sumber

daya selebihnya (peralatan,perlengkapan,uang dan bahan lainya).menurut Beeby yang di

kutip oleh Noesan (2003) di dalam Popi Sopiatin di jelaskan dalam peningkatan mutu

pendidikan terdapat tiga prespektif yaitu Ekonomi,Sosiologi dan Pendidikan.

a. Prespektif ekonomi

Berdasarkan prespektif ekonomi bahwa pendidikan yang bermutu dapat meningkatkan

kesejahteraan hidup manusiasehingga dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi

masyarakat.

b. Prespektif sosiologi

Pendidikan yang bermutu adalah pendidikan yang bermanfaat terhadap seluruh masyarakat di

lihat dari kebutuhan masyarakat itu sendiri,seperti kebutuhan masyarakat akan hubungannya

di dalam kelompok misalnya (berinteraksi sesama anggota masyarakat), perkembangan

budaya masyarakat,serta mempersiapkan masyarakat untuk dapat menerima perubahan dan

perkembangan teknologi

c. Prespektif pendidikan

Pendidikan bermutu menurut prespektif pendidikan itu sendiri dapat di lihat dari sisi prestasi

siswa,proses pembelajaran,kemampuan lulusan dalam mengembangkan potensinya di

masyarakat seta dalam hal memecahkan masalah dan berfikir kritis.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

December 21, 2024

Populer