September 19, 2024 22:41

Menciptakan suasana kelas yang menyenangkan
June 27, 2024

Penulis :

Wulandari

berikut cara membangun suasana kelas yang menyenangkan dan kondusif.

 

1. Membuat Kesepakatan Kelas

Saat suasana kelas sedang tidak kondusif, guru harus mampu meredam suasana menjadi lebih tenang, namun tantangannya guru harus menghindari bentakan atau meninggikan suara.

 

Guru yang mampu berkomunikasi dengan tenang dan emosi yang stabil di kelas, akan mempengaruhi cara siswa dalam menerima pesan yang disampaikan.

 

2. Ciptakan Suasana Berbeda

Kebanyakan posisi duduk siswa di sekolah hampir semuanya sama, guru berada di depan dan kursi siswa disusun belajar membentuk persegi.

 

Agar membuat suasana di kelas menyenangkan, cobalah susun ulang ruangan kelas seperti posisi meja dan kursi yang melingkar.

 

3. Manfaatkan Teknologi

Membuat suasana kelas menyenangkan, cobalah memanfaatkan teknologi yang ada. Jika hanya menjelaskan dengan menulis di papan tulis maka metode tersebut kurang menarik untuk saat ini. Penggunaan teknologi bisa membantu guru menciptakan suasana aktif di dalam kelas.

 

4. Lakukan Interaksi Untuk Mengeluarkan Ide

Tidak semua anak bisa leluasa untuk mengeluarkan ide mereka. Sebagai seorang pengajar, harus percaya pada kemampuan masing-masing anak sehingga mereka berani mengeluarkan pendapat dan mampu menghargai apapun yang mereka ucapkan.

 

 

5. Hargai Usaha Siswa

Untuk menghidupkan suasana belajar, terkadang guru akan memberikan pertanyaan kepada siswa yang harus dijawab di kelas saat itu juga.

 

Bentuk penghargaan ini dapat berupa pujian, setidaknya atas keberaniannya memberikan jawaban di depan umum, atau bisa dalam bentuk tepuk tangan.

 

6. Variasi Metode Belajar

Lakukan variasi metode belajar agar siswa tidak jenuh. Metode belajar dua arah atau sesekali metode belajar di luar kelas.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer