September 20, 2024 04:11

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) MATERI LISTRIK STATIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IX SMPIT AL USWAH TUBAN TAHUN AJARAN 2022 – 2023
August 29, 2024

Penulis :

Tri Mulyanti
Unit/jenjang SMPIT

BEST PRACTICE

 

 

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) MATERI LISTRIK STATIS DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI  UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS IX SMPIT AL USWAH TUBAN

TAHUN AJARAN 2022 – 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DIBUAT OLEH :

TRI MULYANTI, S. Pd.

 

 

 

SMP ISLAM TERPADU  AL USWAH TUBAN

KABUPATEN TUBAN

TAHUN AJARAN 2022 – 2023

 

Tugas Penulisan Karya Ilmiah Optimalisasi Artificial Intelligence ( AI )

Oleh :

Tri Mulyanti, S. Pd.

( Guru SMPIT Al Uswah Tuban )

Judul :

“ Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Materi Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari – hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IX SMPIT Al Uswah Tuban Tahun Ajaran 2022 – 2023 “

 

Abstrak

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Materi Listrik Statis Dalam Kehidupan sehari – hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IX SMPIT Al Uswah Tuban Tahun Ajaran 2022 – 2023.

Latar Belakang masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya ketuntasan hasil Belajar Kognitif siswa kelas IX A SMPIT Al Uswah Tuban. Hal tersebut disebebkan oleh beberapa factor seperti proses pembelajaran yang belum optimal, kurangnya aktivitas siswa saat mengikuti pelajaran sehingga siswa menjadi pasif, dan guru masih menjadi pemeran utama dalam kegiatan pembelajaran. model pembelajaran yang sesuai dan tepat di harapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX, terutama kelas IX A SMPIT Al Uswah Tuban.

Sesuai latar belakang diatas maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) dalam meningkatkan Hasil Belajar Kognitif materi Listrik Statis Dalam Kehidupan sehari – hari Kelas IX SMPIT Al Uswah Tuban.

Desai Penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan sampel penelitian adalah kelas IX  A. Data dikumpulkan menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda dan essay.

 

 

PENDAHULUAN

Latar Belakang

 

Kurikulum tingkat satuan pendidikan ( KTSP ) bisa dikatakan cukup baik dalam penyelenggaraannya.mengusung misi membentuk sumber daya manusia yang unggul dengan memaksimalkan sarana dan prasarana yang sudah ada di lingkugan sekolah sebagai penunjamg kegiatan belajar mengajar. KTSP sendiri memiliki karakteristik pembelajaran yang menerapkan berbagi macam model dan juga berbagai macam variasi dalam media pembelajaran.tuntutan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memadu padankan model pembelajaran dengan media pembelajaran sangat penting untuk dilakukan. guru harus memenuhi perinsip pembelajaran diantaranya guru harus memperhatikan kebutuhan dan perbedaan setiap individu dari siswa, serta mengembangkan model pembelajaran yang memungkinkan siswa bisa aktif, kreatif dan menyenagkan  serta menilai proses dan hasil pembelajaran siswa secara akurat.

Namun kenyataanya di lapangan masih sering terjadi ketidakcocokan antara penerapan model pembelajaran yang diterapkan tidak sesuai dengan mata pelajaran. Guru masih mengalami kesulitan dalam memadukan antara model pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan. Biasanya  guru bayak mengambil alternatif dengan menerpakan model pembelajaran konvensional, yang lebih mudah dan dan tidak menyulitkan guru tersebut dalam memberikan materi. Hal ini dapat menimbulkan dampak penurunan prestasi belajar siswa  dan juga semangat siswa untuk belajar didalam maupun di luar kelas.

Hasil belajar kognitif peserta didik selama ini terkait materi listrik dinamis sangat kurang atau rendah, hal ini ditandai dengan hasil quiz yang diadakan setelah pembahsan pembelajaran dihari tersebut ataupun ketika Penilaian Harian. Terutama pada soal rangkaian jika disediakan gambar peserta didik diminta untuk menganalisis gambar rangkaian, dan juga pada perhitungan rangkaian ataupun daya listrik yang dihasilkan.

Hal itu berpengaruh pada kegiatan pembelajaran ketika guru bertanya ataupun memberikan soal kepada peserta didik, mereka akan langsung terlihat lemas dan tidak bersemangat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan, akhirya ketika jam pelajaran berakhir tugas yang hanya 3-4 soal tidak selesai tepat waktu.

Kondisi ini tidak lepas dari strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Selama ini guru cenderung mengajar dengan satu arah tanpa memperhatikan siswa tersebut sudah faham atau belum dengan materi yang disampaikan, guru masih menjadi sumber utama pembelajaran. Guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif hanya mengajar saja tanpa mengukur progres siswa selama pembelajaran, hanya penilaian akhir yang dilakukan sebagai bahan evaluasi peserta didik.

Guru berperan sebagai penaggung jawab untuk melakukan proses pembelajaran secara efektif, dengan menggunakan metode, media dan model pembelajaran yang tepat, sehingga pembelajaran dan hasil belajar peserta didik bisa tercapai sesuai dengan yang kita harapkan.

 

Rumusan Masalah

Berdasarkan hasil latar belakang diatas, maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah :

“ Adakah Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Materi Listrik Statis Dalam Kehidupan Sehari – hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IX SMPIT Al Uswah Tuban Tahun Ajaran 2022 – 2023 “

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Materi Listrik Statis Dalam Kehidupan sehari – hari Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas IX SMPIT Al Uswah Tuban Tahun Ajaran 2022 – 2023.

Manfaat Penelitian

1.       Manfaat Teknik

Melalui penelitian ini diharpakan :

a)      Dapat menambah pengetahuan bagi dunia Pendidikan dalam menggunakan model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) dan Hasil Belajar Kognitif Peserta didik.

b)      Dapat menambah pengetahuan bagi dunia Pendidikan dalam peningkatan Hasil Belajar Kognitif peserta didik

c)      Memberikan wawasan dan pengetahuan dalam pengembangan ilmu pengetahuan

2.       Manfaat Praktis

Melalui penelitian ini diharapkan :

a)    Bagi peserta didik

1)      Penerapan model pembelajaran Kooperatif Laearning diharapkan dapat membuat peserta didik bekerja sama dengan tim atau siswa lain dalam menyelesaikan tugas secara berkelompok

2)      Dapat memberikan pengalaman sehingga mampu memotivasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan  untuk mencari dan menemukan bahan-bahan untuk melaksanakan tugas yang diberikan.

3)      Dapat membuat peserta didik bekerja secara inovatif dan aktif sehingga mampu meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam pembelajaran materi Listrik Statis Dalam Kehidupan sehari – hari.

b)   Bagi Guru

Perangkat pembelajaran ini dapat digunakan sebagai wacana untuk meningkatkan kreatifitas guru dan mampu memberikan model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan Hasil Belajar Kognitif materi Listrik Statis Dalam Kehidupan sehari – hari siswa kelas IX.

c)    Bagi Sekolah

Hasil Penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi maksimal terhadap sekolah dalam Upaya meningkatkan mutu Pendidikan.

d)   Bagi peneliti

Menambah pengalaman yang berarti bagi peneliti mengenai pengembangan model pembelajaran pada materi Listrik Statis Dalam Kehidupan sehari – hari kelas IX.

 

Ruang Lingkup Penelitian

Penelitian ini akan difokuskan pada penggunaan model pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) di kelas IX SMPIT Al Uswah Tuban, dengan penekanan pada peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Ruang lingkup penelitian ini mencangkup penggunan model Project yang diberikan kepada siswa secara berkelompok untuk diselesaikan dalam proses pembelajaran.

 

Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksperimen semu. Metode ini dipilih untuk memungkinkan pengamatan langsung dan pengukuran akurat yang berkelanjutan dalam pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini akan dilakukan dengan mengumpulkan melalui data observasi kelas, tes tulis , project dan wawancara.

 

 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer