September 20, 2024 16:00

Persiapan Menyambut Bulan Ramadhan
April 1, 2024

Penulis :

Rif'atud Diyanah, S.Pd
Unit/jenjang SMPIT

Oleh: Rif’atud Diyanah

Ramadhan adalah bulan suci umat islam yang ditunggu-tunggu. Bulan ini sangat spesial karena di bulan ini Allah mewajibkan puasa selama satu bulan penuh. Selain itu di bulan ini Allah melipatgandakan pahala ibadah dan amal saleh yang dikerjakan oleh umat islam berkali-kali lipat dari hari biasa. Allah juga meletakkan satu malam di bulan ini dimana Allah akan melipatgandakan seluruh amal yang dikerjakan di waktu tersebut setara seribu bulan atau 83 tahun. MasyaAllah.

Dan masih banyak lagi keistimewaan yang dimiliki oleh bulan ini. Rasulullah, para sahabat, dan orang-orang saleh sangat mengistimewakan bulan ini. Mereka tidak akan menyia-nyiakan waktu sedikitpun untuk beramal saleh di bulan ini. Bahkan enam bulan sebelum Ramadhan, mereka sudah berdoa dengan sungguh-sungguh agar disampaikan pada bulan ini. Begitu mereka memasuki bulan Rajab mereka akan mulai membiasakan perbuatan-perbuatan baik untuk mempersiapkan menghadapi bulan ramadhan. Apalagi memasuki bulan Sya’ban, bertambahlah persiapan mereka untuk menghadapi bulan Ramadhan.

Kita sebagai umat islam hendaknya meneladani bagaimana orang-orang saleh di masa lalu menyambut bulan Ramadhan agar kita juga mendapatkan keutamaan sebagaimana mereka dan setelah Ramadhan kita bisa menjadi orang yang bertakwa sebagaimana difirmankan Allah dalam surat Al Baqarah: 183

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan:

  1. Bersuka cita, bergembira, dan senang dengan datangnya bulan Ramadhan. Karena bulan Ramadhan adalah nikmat dan karunia Allah atas hamba-hambaNya yang sangat besar. Sepatutnya kita bergembira dengan kedatangannya.
  2. Bertekad untuk mengisi bulan Ramadhan tahun ini dengan sebaik-baiknya. Harus lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Membayangkan seakan-akan Ramadhan ini adalah Ramadhan terakhir bagi kita. Karena itu hendaknya bertekad dengan sungguh-sungguh mengisinya dengan ibadah dan amal saleh yang terbaik yang kitab isa.
  3. Bertawakkal dan beristi’anah/ meminta pertolongan kepada Allah. Karena tidak ada sebiji dzarrah pun kebaikan dan amal saleh yang kita lakukan tanpa taufik dan pertolongan Allah. Janganlah merasa ujub bahwa kita pasti akan bisa melakukan semua amal saleh tanpa bantuan Allah. Hal itu adalah mustahil. Karena itu mintalah pertolongan Allah akan hal ini,
  4. Bertaubat kepada Allah atas segala dosa karena seluruh ibadah dan amal saleh akan mudah dikerjakan dengan hati yang bersih. Hati yang bersih adalah hati yang bersih dari dosa-dosa. Dosa-dosa membuat hati menjadi kotor. Hati yang kotor membuat cahaya dan hidayah Allah sulit untuk memasukinya. Karena itulah  bertaubat dan memohon ampun atas dosa-dosa yang kita lakukan akan menyucikan hati kita yang kotor menjadi hati yang bersih.
  5. Mulai membiasakan puasa dan ibadan yang lainnya sejak bulan Rajab, lalu semakin kencang di bulan Sya’ban. Hal ini merupakan kebiasaan para orang saleh terdahulu dalam menyambut bulan Ramadhan. Hal ini dimaksudkan agar amal ibadah yang sudah dibiasakan sejak Rajab dan Sya’ban akan menjadi kebiasaan di bulan Ramadhan dan semakin bertambah secara kualitas dan kuantitasnya.
  6. Mempelajari kembali ilmu-ilmu yang berkaitan dengan bulan Ramadhan. Baik itu dari segi fiqh atau fadhilah-fadhilah bulan Ramadhan. Hal ini akan semakin menambah semangat dan motivasi kita untuk melakukan ibadah dan amal saleh selama Ramadhan. Selain itu Fiqh-fiqh terkait seperti Fiqh puasa, fiqh zakat, fiqh shalat dan ibadah-ibadah lainnya akan membantu kita untuk memastikan ibadah-ibadah yang kita lakukan sah dan diterima di sisi Allah sehingga amal saleh dan ibadah yang kita lakukan berpahala dan tidak sia-sia.

Demikianlah beberapa persiapan yang dapat kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan. Semoga Allah menyampaikan kita kepada bulan ini, memberikan kita taufik dan hidayah agar bersemangat beramal saleh di bulan ini, menerima seluruh amal ibadan kita, dan menjadikan kita semua menjadi insan yang bertakwa.

 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer