September 20, 2024 06:54

Kintribusi Al Khowarizmi pada era Digital
March 1, 2024

Penulis :

SRIMIN DWI MARCELANI
Unit/jenjang SMAIT

Ilmu sains adalah ilmu pasti yang kebanyakan ditemukan oleh ilmuan-ilmuan non-muslim sehingga menyebabkan banyak yang mengira bahwa hanya ilmuan non-muslim yang temuannya digunakan hingga sekarang. Nyatanya ada banyak ilmuan-ilmuan muslim yang berhasil menemukan rumus-rumus atau teori-teori ilmiah tentang sains yang digunakan hingga sekarang. Salah satu ilmuan muslim tersebut adalah Al Khowarizmi yaitu ilmuan muslim yangendapat julukan Bapak Algoritma berkat penemuannya tentang ilmu Algoritma yang digunakan pada bidang pemprograman. Al Khowarizmi lahir di khwarezm atau yang sekarang dikenal Uzbekistan sekitar tahun 780 M. 

Al Khowarizmi banyak menemukan Teori-teori matematika seperti aljabar dan algoritma juga tak lupa bahwa yang menemukan angka nol adalah Al Khowarizmi. 

Berkat temuan-temuannya generasi sekarang dimudahkan dalam melangsungkan kehidupan di era 5.0 di mana segalanya sudah serba digital. Digitalisasi tak lepas dari teori algoritma yang temukan oleh al khowarizmi. Jadi tanpa Al khowarizmi tak ada algoritma dan tak akan ada Digitalisasi. 

Untuk itu sebagai generasi muda alangakah lebih baiknya belajar lebih sungguh-sungguh untuk memperdalam agar bisa menjadi penerus ilmuan muslim yang sudah banyak berkontribusi dalam kehidupan kita sekarang. 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer