September 20, 2024 06:46

100% Tanggung Jawab
March 28, 2024

Penulis :

MASRUHIN, MA.
Unit/jenjang YACT

“Harga sebuah kehebatan adalah tanggung jawab.”–Winston Churchill

Tidak ada gunanya menyalahkan orang lain atas semua masalah Anda. Anda bisa menyalahkan teman, keluarga, pasangan, atau siapa pun. Mungkin anda berpikir itu akan membuat anda merasa nyaman, tetapi itu salah. Ada sesuatu yang terbaik dilakukan, walaupun kadang tidak bisa mengubah keadaan.

Menyalahkan orang lain itu tidak menghasilkan apa-apa. Tidak menyelesaikan masalah Anda. Contoh: Anda menyalahkan teman, keluarga, pekerjaan, atau apa pun karena merasa tidak cukup waktu untuk berolahraga. Anda bisa mengutuk seluruh dunia. Lantas, apakah Anda bisa menemukan waktu berolahraga?

Jika Anda ingin mencari solusi, Anda akan menemukannya; bukan berarti tidak ada solusi. Solusi itu ada, dan Anda tahu itu jauh di lubuk hatimu. Hanya butuh tindakan yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda, tidak ada lagi. Tidak ada yang bisa membantu mencapai tujuan Anda kecuali Anda sendiri.

Tidak ada yang peduli apakah Anda malas atau tidak. Tidak ada yang peduli apakah Anda menunda-nunda atau tidak. Tidak ada yang peduli apakah Anda berolahraga atau tidak. Mengapa mereka peduli? Tidak ada yang peduli. Akan lebih baik bagi Anda jika Anda melakukannya sesuatu untuk dirimu sendiri. Anda harus bertindak. Anda harus menemukan waktu.

Lebih mudah duduk di sofa dan menonton TV daripada berlari. Lebih mudah menelusuri media sosial daripada membaca buku. Lebih mudah untuk menunda-nunda daripada bekerja keras. Pikiran kita selalu mengarah pada pilihan yang ringan dan mudah. Anda perlu mengubahnya menjadi pilihlah pilihan yang terbaik untuk dirimu sendiri, bukan yang mudah.

Setiap tindakan yang diambil atau tidak diambil berdampak pada hidup Anda. Jadi, jika Anda menyalahkan orang lain atas masalah anda, pertimbangkan konsekuensinya. Masa depan Anda bergantung tindakan anda saat ini.

Jangan pernah memikirkan masa lalu. Masa lalu itu sudah hilang. Hanya ada dua yang bisa diberikan masa lalu kepada Anda: pelajaran dan penyesalan.

Belajarlah dari masa lalu, tapi jangan biarkan dia terlalu mengontrol kehidupan anda. Belajar dari kesalahanmu. Tidak ada salahnya membuat kesalahan, tetapi jika Anda terus mengulangi kesalahan yang sama, berarti ada sesuatu yang salah.

Jangan bodoh. Tidak ada kesalahan baik cinta maupun benci. Jika Anda membenci kesalahan, maka Anda menjadi takut untuk bertindak. Anda mulai berpikir berlebihan. Itu menghancurkan kedamaian pikiran Anda. Jika Anda menyukai kesalahan, Anda akan mulai menghasilkan lebih banyak tindakan karena Anda menarik apa yang Anda sukai.

Jika terjadi kesalahan, belajarlah darinya dan dan move on. Jangan buang waktu Anda. Jika Anda tidak bergerak maju, Anda sudah melakukan kesalahan yang kedua.

Kenyataan pahit dalam hidup:

Jika Anda malas, itu salah Anda.

Jika Anda tidak bahagia, itu salah Anda.

Jika Anda suka menunda-nunda, itu salah Anda.

Apa yang akan Anda peroleh dengan melepaskan diri dari tanggung jawab? Tidak ada apa-apa. Jika Anda ingin mengubah sesuatu dalam hidup Anda, Anda harus mengambil tanggung jawab atas tindakan Anda. Hal-hal yang ingin dicapai hanya bisa dicapai sendiri. Tidak ada orang lain yang bisa melakukannya untuk Anda. Mengeluh tidak mencapai apa pun. Hanya akan memenuhi pikiran Anda dengan kekhawatiran dan pikiran negatif. Terlalu banyak berpikir dan mengeluh sepanjang waktu berdampak buruk bagi kesehatan mental Anda. Anda perlu bertindak. Anda bisa memulainya hari ini, atau Anda bisa menunda sampai besok. Itu pilihan Anda.

“Waktu terbaik menanam pohon adalah 20 tahun lalu. Waktu terbaik kedua adalah sekarang.” -Pepatah Cina

Kesalahan tidak seburuk yang Anda kira

Tidak apa-apa jika Anda melakukan kesalahan. Saat Anda melakukan sesuatu, kesalahan pasti akan terjadi. Itu normal. Tapi Anda harus bertanggung jawab atas kesalahan anda. Anda bertanggung jawab atas semua tindakan yang Anda lakukan. Belajar dari kesalahan dan lanjutkan hidup. Kecepatan diperlukan jika Anda ingin bergerak maju. Anda tidak bisa duduk di sana dan terus memikirkan tentang kesalahan anda.

Jika Anda bukan orang malas yang duduk sepanjang hari dan tidak melakukan apa pun, maka kesalahan akan terjadi. Anda tidak bisa duduk di sana, takut membuat kesalahan; Anda harus melompat ke hal yang tidak diketahui.

“Sukses bukan berarti tidak pernah melakukan kesalahan, namun tidak pernah melakukan kesalahan yang sama untuk kedua kalinya.” -George Bernard Shaw

Tetaplah pada bisnis Anda

Tip sederhana ini akan membuat Anda lebih produktif: Jangan khawatir jika itu bukan bisnis milik anda. Jika ada sesuatu yang tidak memengaruhi Anda, jangan khawatir. Orang-orang itu terus-menerus mengkhawatirkan hal-hal yang tidak berdampak pada mereka. Jaga diri Anda, fokus pada apa yang benar-benar menjadi perhatian Anda. Anda adalah orang yang paling penting dalam hidupmu, jadi jadikanlah tujuanmu untuk melakukan yang terbaik untuk dirimu sendiri. Berhenti mengkhawatirkan pendapat orang lain. 99% pendapat yang Anda dengar salah dan tidak akan membantumu. Percaya pada dirimu sendiri.

“Pertahankan perhatian Anda terfokus sepenuhnya pada apa yang sebenarnya menjadi perhatian dan jelaskan bahwa apa yang menjadi milik orang lain adalah urusan mereka dan bukan urusan Anda.”-epiktetus

Tidak ada yang datang untuk menyelamatkan Anda

Tidak ada yang bisa mengubah hidup Anda. Tidak ada seorang pun yang tertarik untuk mengubah hidup Anda. Hidup mereka sendiri berantakan, jadi bagaimana mereka bisa mengubah hidup Anda? Kamu harus melakukanny sendiri. Anda ada di tangan Anda sendiri. Anda bisa bermalas-malasan dan menunggu orang lain menolong anda, tapi kamu akan menunggu selamanya. Singkirkan hal ini dari kepalamu bahwa orang lain dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Berhentilah bergantung pada orang lain. Anda mempunyai kekuatan untuk memilih apakah Anda ingin tetap bermalas-malasan atau ingin melakukan sesuatu yang berarti dalam hidup anda.

3 Tipe Orang:

Ada tiga tipe orang yang saya lihat di sekitar saya:

1. Kelompok pertama adalah masyarakat mayoritas; mereka tidak pernah memulai. Mereka tidak pernah melakukan apa pun. Mereka duduk dan bermalas-malasan. Mereka tidak pernah mewujudkan impian mereka. Mereka tidak pernah melakukan apa yang seharusnya mereka lakukan. Mereka hanya menunggu sesuatu yang baik akan terjadi.

2. Tipe orang yang kedua adalah mereka yang memulai, tetapi begitu keadaan menjadi sulit, mereka menyerah, dan kemudian mereka menyesali alasan mereka menyerah.

3. Tipe orang ketiga adalah mereka yang bekerja keras, pantang menyerah meski menghadapi kesulitan, dan terus maju. Merekalah satu persen yang menjadi sukses.

Seseorang harus gigih. Segalanya tidak selalu mulus. Segalanya bisa salah dan akan salah. Jalan Anda akan menemui rintangan, tetapi Anda harus maju menuju tujuan Anda.

Hidup bukanlah lari cepat tapi maraton. Itu panjang dan sulit. Tidak ada imbalan bagi mereka yang berhenti di tengah jalan. Anda harus mencapai garis finis untuk mencapai sesuatu.

Kendalikan Apa yang Dapat Anda Kendalikan

Anda harus menyadari tidak semua hal bisa Anda kendalikan. Jangan bersedih ketika hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan tidak berjalan sesuai rencana Anda.

Jangan bingung tentang apa yang bisa dan tidak bisa Anda kendalikan. Tidak semuanya di luar kendali Anda. Ada banyak hal yang dapat Anda kendalikan yang akan meningkatkan kehidupan Anda. Anda memiliki kendali atas pikiran Anda. Anda memiliki kendali atas jumlah kerja keras yang Anda lakukan. Tapi Anda tidak punya kendali atas apa yang orang lain pikirkan tentang Anda. Mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat Anda kendalikan akan membuat hidup Anda sengsara.

*diringkas dari ebook “The Art of Lazines by Mindset Library”

* Aktif menulis di jejakruang.com

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer