September 20, 2024 12:40

MANFAAT DAN EFEK SAMPING DARI JUS WORTEL DAN TOMAT BAGI TUBUH!!
April 1, 2024

Penulis :

Annisaul adibah
Unit/jenjang TPAIT

Jus wortel dan tomat adalah minuman menyegarkan yang kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Manfaat jus wortel dan tomat dipercaya dapat menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah kanker. Perpaduan antara wortel dan tomat juga menghasilkan minuman sehat dengan rasa yang enak. Apa saja sih manfaat jus wortel dan tomat bagi kesehatan tubuh kita?

MANFAAT JUS WORTEL DAN TOMAT

 

1. Kaya AntioksidanWortel dan tomat kaya akan antioksidan seperti betakaroten dan likopen yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Betakaroten yang ada di pada wortel dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Nutrisi ini memiliki fungsi penting dalam menjaga kesehatan penglihatan, pertumbuhan, dan perkembangan sel.Likopen dalam tomat juga dikenal sebagai antioksidan yang kuat yang dapat melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan membantu mencegah berbagai jenis kanker.

2. Kaya sumber vitamin A dan CTomat dan wortel merupakan sumber vitamin A dan C yang melimpah. Ini membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penglihatan dan mencegah penyakit terkait penglihatan. Selain itu, vitamin ini juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi.Tak hanya itu saja, vitamin C pada tomat juga dapat membantu dalam produksi kolagen dan menjaga kulit tetap kencang dan kenyal.

3.Menjaga Kesehatan MataKandungan beta-karoten pada wortel dan tomat yang mengandung lutein dapat menghasilkan vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan pengelihatan di saat malam hari.

4. Menjaga Kesehatan KulitJus wortel dan tomat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Di antaranya sebagai obat penyakit kulit, eksim, infeksi kulit, dan wajah berjerawat.

5. Detoksifikasi TubuhAntioksidan dan vitamin dalam wortel dan tomat pun bisa membantu proses detoksifikasi tubuh secara alami, khususnya organ hati. Jadi, Parents bisa mencoba untuk mengonsumsinya secara teratur untuk ‘membersihkan’ racun dalam tubuh. Nah, selain manfaat ada juga loh efek samping dari minum jus wortel dan tomat bagi tubuh kita.Apa saja efek samping dari minum jus wortel dan tomat?

EFEK SAMPING DARI JUS WORTEL DAN TOMAT

 

Efek samping jus wortel campur tomat jika dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk. Tak peduli buah atau sayur mengandung vitamin yang sehat. Sebab segala sesuatu yang berlebihan itu pasti berdampak buruk. Tak terkecuali dalam mengonsumsi jus wortel dan tomat.Memang menjaga kesehatan tubuh secara alami bisa didapatkan dari minum jus wortel dan tomat. Tapi semua ada aturan dan takarannya sendiri. Konsumsi buah tomat tidak disarankan lebih dari segelas dalam sehari. Agar tidak melebihi kandungan zat senyawa yang malah bisa mengencam kesehatan.

1. AlergiBeberapa orang hipersensitif terhadap wortel akan mengalami beberapa reaksi jika mengonsumsi jus wortel.eberapa efek samping yang umum di antara orang-orang tersebut adalah ruam kulit, diare, reaksi anafilaksis, gatal-gatal, dan pembengkakan.

2. Peningkatan Asam Lambung. Meningkatnya asam lambung adalah akibat dari tingginya asam citrat dan asam malat. Keduanya bila terlalu banyak menumpuk di dalam perut, maka akan merangsang asam lambung untuk keluar lebih banyak. Pada pengidap GERD (gastroesophageal reflux disease) tidak dianjurkan makan tomat terlalu banyak.

3. Nyeri sendi. Pembengkakan dan nyeri sendi dapat timbul akibat senyawa solanin yang terkandung di dalam tomat. Bila terlalu banyak, maka dapat menyebabkan peradangan dan nyeri tubuh.

 

Nah itu dia manfaat dan efek samping dari minum jus wortel dan tomat,semoga bermanfaat ya.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer