September 20, 2024 04:18

Taat kepada pemimpin
April 1, 2024

Penulis :

Saparianto
Unit/jenjang SMPIT

Mentaati Pemimpin: Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Hendaklah engkau dengar dan taat kepada pemimpinmu baik dalam keadaan sulit maupun dalam keadaan mudah, baik dalam keadaan rela ataupun dalam keadaan tidak suka, dan saat ia lebih mengutamakan haknya daripada engkau.” (HR. Muslim)
Hadits ini mengajarkan bahwa kita harus taat kepada pemimpin, baik ketika kita senang maupun dalam kesulitan. Taat kepada pemimpin juga berlaku ketika rakyat sedang makmur atau mengalami kesulitan.
Tidak Memerangi Pemimpin: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Akan ada para pemimpin kelak. Kalian mengenal mereka dan mengingkari perbuatan mereka. Siapa yang membenci kekeliruannya, maka ia terlepas dari dosa. Siapa yang mengingkarinya, maka ia selamat. Namun yang ridha dan mengikutinya, itulah yang tidak selamat.” Para sahabat bertanya, “Apakah kita perangi saja pemimpin seperti itu?” Nabi menjawab, “Jangan, selama mereka masih shalat.” (HR. Muslim)
Hadits ini mengisyaratkan bahwa meskipun pemimpin melakukan kebijakan yang berbau kemaksiatan, kita tidak diperintahkan untuk memeranginya selama mereka masih mendirikan shalat.
Larangan Durhaka Kepada Pemimpin: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang taat padaku, sungguh ia telah mentaatiku. Barangsiapa yang tidak mentaatiku, berarti ia tidak mentaatiku.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dalam hadits ini, “amir” merujuk pada orang yang memiliki wilayah kekuasaan, seperti khalifah dan lainnya. Kita diperintahkan untuk taat kepada pemimpin selama mereka tidak memerintahkan untuk berbuat kemaksiatan.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer