September 20, 2024 13:45

KEISTIMEWAAN PUASA ARAFAH
June 13, 2024

Penulis :

Firman Bagus Susilo, S.Pd.I
Unit/jenjang SMPIT

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan haji yang penuh keistimewaan dalam Islam. Allah SWT memuliakan orang-orang yang berbuat kebaikan dalam 10 hari pertama bulan Dzulhijjah, salah satunya adalah dengan melaksanakan puasa sunnah Arafah. Kapan puasa Arafah dilaksanakan? Puasa Arafah jatuh pada hari ke-9 bulan Dzulhijjah, atau 1 hari sebelum Hari Raya Idul Adha. 

Rasulullah menegaskan bahwa puasa Arafah memiliki keutamaan yang luar biasa bagi siapa pun yang menunaikannya. Puasa sunnah ini dianjurkan bagi umat muslim yang sedang tidak melakukan ibadah haji. Sebaliknya, jemaah haji yang sedang berada di Arafah diharamkan untuk berpuasa.

Keistimewaan Puasa Arafah

Pahala yang akan diterima oleh umat muslim ketika menjalankan puasa Arafah dapat disimak dalam hadits yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dari Abu Qatadah r.a berikut:

“Puasa hari Arafah adalah puasa yang aku harapkan dengan puasa tersebut Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa di tahun yang telah lewat dan dosa-dosa di tahun yang akan datang.” (Diriwayatkan juga oleh Imam Muslim).

Selain dapat menghapus dosa selama dua tahun, puasa sunnah tersebut juga memiliki keutamaan terkabulnya doa. Artinya, bagi umat muslim yang melakukan puasa Arafah dan berdoa kepada Allah, maka Allah SWT akan mengabulkannya. Hal ini dikarenakan waktu puasanya dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan ibadah wukuf yang dijalankan oleh para jamaah haji di Padang Arafah. 

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

“Sebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan “Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa ala kulli syai-in qadiir (Tidak ada Ilah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya lah segala kerajaan dan segala pujian, Allah Maha Menguasai segala sesuatu.” (HR Tirmidzi).

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer