September 20, 2024 04:08

Amalan Sebelum Tidur Ala Rasulullah
August 31, 2024

Penulis :

Erna Dwi Puspitasari, S.Pd.
Unit/jenjang SDIT

1. Rasulullah Mengambil Wudhu Sebelum Tidur

“Jika engkau hendak mendatangi tempat tidurmu, hendaklah engkau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu,” (HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710).

Hadist Rasul di atas memberikan kita anjuran agar mengambil wudhu sebelum tidur. Jika biasanya kita wudhu saat hendak shalat, ternyata wudhu juga menjadi amalan yang dianjurkan Rasulullah sebelum tidur. Mulai saat ini, sahabat bisa menjadikan wudhu sebagai rutinitas kita sebelum tidur. 
Amalan Sebelum Tidur Dengan Membaca Ayat Kursi

فَذَكَرَ الْحَدِيثَ فَقَالَ إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الْكُرْسِىِّ لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ ، وَلاَ يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

Artinya: “Jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala dan syaitan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi,” (HR. Bukhari).

2. Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Naas

Rasulullah senantiasa berdoa dan meminta perlindungan kepada Allah SWT sebelum tidur. Kita bisa mencontoh membaca surat-surat pendek agar tidur kita menjadi lebih tenang dan mengingat bahwa Allah SWT senantiasa melindungi kita. Jika kita belum terbiasa, mulailah menerapkan membaca surat pendek sebelum kita tidur dan membuat alarm atau catatan bahwa sebelum tidur harus membaca surat-surat pendek. 

3. Rasulullah Memperbanyak Dzikir
Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Aisyah R.A yang artinya: “Apabila kalian berdua hendak tidur, maka bertakbirlah kepada Allah sebanyak tiga puluh tiga kali, bertasbihlah sebanyak tiga puluh tiga kali, dan bertahmidlah sebanyak tiga puluh empat, dan ini semua lebih baik buat kalian berdua dari seorang pelayan” (Hadits Bukhari Nomor 5843).

Rasulullah senantiasa berdzikir sepanjang waktu dan mengingat kebesaran Allah SWT. Bahkan sebelum tidur pun, Rasulullah berdzikir dan memuji Allah SWT. Jika Rasul saja gemar berdzikir, maka sepatutnya kita senantiasa mencontoh perilaku Rasul. 

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer