September 20, 2024 16:25

kunci kebahagiaan adalah rasa syukur
March 25, 2024

Penulis :

M. Afifudin, S. Pd
Unit/jenjang SDIT

syukur adalah perintah allah yang diharuskan untuk kita semua, seperti yang tertera pada Al Quran surah Luqman ayat 12. 

وَلَقَدْ آَتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmah kepada Lukman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Luqman: 12)

kadang kala kita lupa untuk bersyukur atas segala nikmat yang diberikan oleh allah kepada kita, sehingga timbullah potensi-potensi yang menjadikan kita mengkuffuri nikmat-nikmat allah atas kita.

kita diperintahkan untuk senantiasa tidak membanding-bandingkan apa yang kita miliki dengan apa yang dimiliki orang lain, karena dengan kita membanding-bandingkan akan timbul rasa tidak adil sehingga kita tidak bersyukur atas segala nikmat tuhan yang diberikakn kepada kita. padahal diluar sana banyak orang-orang yang tidak seberuntung kita, sedangkan kita malah tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki hingga detiik ini.

Hakikat syukur menurut Ibnul Qayyim dalam Thariq Al-Hijratain (hlm. 508) adalah,

الثَّنَاءُ عَلَى النِّعَمِ وَمَحَبَّتُهُ وَالعَمَلُ بِطَاعَتِهِ

“Memuji atas nikmat dan mencintai nikmat tersebut, serta memanfaatkan nikmat untuk ketaatan.”

Al-Munawi rahimahullah berkata, “Syukur itu ada dua tahapan. Pertama adalah bersyukur dengan lisan yaitu memuji pada yang memberikan nikmat. Sedangkan terakhir adalah bersyukur dengan semua anggota badan, yaitu membalas nikmat dengan yang pantas. Orang yang banyak bersyukur (asy-syakuur) adalah yang mencurahkan usahanya dalam menunaikan rasa syukur dengan hati, lisan, dan anggota badan dalam bentuk meyakini dan mengakui.” (Mawsu’ah Nadhrah An-Na’im, 6:2393)

jadi sebaiknya janganlah sering melihat atau membandingkan dengan orang lain yang mungkin mendapat nikmat yang lebuh dari kita sehingga jika kita tidak bisa mengola hati kita akan menjadikan kita dengki dan tidak bersyukur atas apa yang kita punya.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer