September 20, 2024 04:05

Mengenal "Insecurity"
July 30, 2024

Penulis :

Mareta Sofy Eka Ariyanti
Unit/jenjang SDIT

 

Di era saat ini, sangat familiar dengan kalimat “Insecurity” yang nantinya akan dihubungkan dengan sebuah keadaan yang sering kita dengar dengan “Depresi”.

Perlu masing-masing dari kita mengetahui penyebab ataupun solusi untuk menghindari atau meminimalisir perasaan insecure yang ada di diri kita.

Sebelumnya, kita perlu mengetahu apa itu insecurity?

Insecurity atau ketidakamanan diri adalah kondisi ketika tingkat percaya diri seseorang menurun disertai dengan perasaan cemas, gelisah, dan takut dalam menghadapi atau melakukan sesuatu. Perasaan ini umum dialami banyak orang.

Seseorang yang memiliki perasaan insecure biasanya cenderung merasa dirinya tidak berharga, kurang akan apapun, malas bersosialisasi dan akhirnya mudah stress.

Namun,berikut ada beberapa cara yang bisa membantu meminimalisir rasa insecure tersebut. Diantaranya :

1. Kenali dan Terima Diri Sendiri
Cobalah untuk lebih memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Terima bahwa tidak ada orang yang sempurna, dan fokuslah pada kualitas positif yang kita miliki.

2. Atasi Pikiran Negatif
 Latih diri untuk mengenali dan mengganti pikiran negatif dengan yang lebih positif. Ini bisa dilakukan dengan teknik latihan afirmasi positif.

3. Tetapkan Tujuan Realistis
Buatlah tujuan yang dapat dicapai dan realistis. Jangan membandingkan diri  dengan orang lain, karena setiap orang memiliki perjalanan dan tantangan yang berbeda.

4. Kembangkan Keterampilan dan Hobi
Mengasah keterampilan atau mengejar hobi dapat meningkatkan rasa percaya diri dan memberikan rasa pencapaian.

5. Berbicara dengan Orang Terpercaya
Terkadang, berbicara dengan teman dekat atau anggota keluarga yang bisa dipercaya dapat membantu melihat diri kita dari perspektif yang berbeda dan mendapatkan dukungan emosional.

6. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental
Olahraga secara teratur, makan makanan bergizi, dan cukup tidur dapat mempengaruhi kesejahteraan mental.

7. Cari Bantuan Profesional
Jika perasaan insecurity mengganggu kehidupan sehari-hari, jangan ragu untuk mencari bantuan dari seorang profesional, seperti psikolog atau terapis. Mereka dapat membantu dengan strategi yang lebih mendalam untuk mengatasi ketidakamanan.

8. Bersikap Baik pada Diri Sendiri
Perlakukan diri sendiri  dengan belas kasih dan kesabaran. Kadang-kadang, kita terlalu keras pada diri sendiri dan perlu memberi ruang untuk pertumbuhan dan perbaikan.

Setiap orang mungkin memerlukan pendekatan yang berbeda, jadi cobalah beberapa metode dan lihat mana yang paling sesuai untuk diri kita.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 19, 2024

Populer