September 20, 2024 11:37

mendidik anak menurut Ali bin Abi thalib
April 1, 2024

Penulis :

Yesi Anggraini,S.Pd
Unit/jenjang TPAIT

Sebagai umat Muslim, mendidik anak ala Rasulullah menjadi yang paling direkomendasikan. Jadi selain mempelajari ilmu parenting modern, Anda dapat mengkombinasikannya dengan cara didikan anak versi Rasul karena dijamin tidak salah. Sebab, apa yang diajarkan oleh Rasul bersumber langsung dari Allah.
Sebagian ulama menyebutkan bahwa pola mendidik anak dengan meneladani perilaku Rasul adalah sunnah, yang jika dikerjakan maka akan mendapat pahala namun jika ditinggalkan tidak akan membuat dosa.
Rasul sendiri memang tidak mewajibkan umatnya untuk mengikuti hal ini. Bahkan, Rasul memberikan kesempatan kepada umatnya untuk dengan bebas mengembangkan pola didikan kepada anak, namun dengan syarat cara tersebut tidak melanggar syariat agama Islam
Salah satu tokoh yang dapat di contoh adalah Sayyidina Ali bin Abi Talib, Sayyidina Ali bin Abi Talib adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam. Selain menjadi Khalifah keempat dalam Khulafaur Rasyidin, Sayyidina Ali juga dikenal sebagai seorang ayah yang bijaksana dalam mendidik anak-anaknya. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang metode cara Sayyidina Ali bin Abi Thalib mendidik anak.
Sayyidina Ali menekankan pentingnya pendidikan dalam membentuk generasi Muslim yang kuat dan berakhlak mulia. Ia menganggap pendidikan sebagai salah satu tugas utama seorang ayah.
Menurut Ibnu Jarir Ali bin Abi Talib memiliki adalah 14 laki-laki dan 17 perempuan. Imam Al Waqidi menembahkan, “Yang banyak memberikan keturunan adalah dari jalur Al Hasan, Al Husain, Muhammad bin Al Hanafiyah, Al Abbas bin Al Kilabiyah, dan Umar bin At Taghlabiyyah. Pasalnya, dalam sejarah, setelah Fatimah meninggal, Ali menikah kembali dengan beberapa perempuan.
Cara Sayyidina Ali bin Abi Thalib Mendidik Anak dalam mendidik anak-anaknya, Sayyidina Ali mengedepankan keteladanan dan komunikasi yang baik. Ia memberikan contoh yang baik dalam perilaku dan karakter, sehingga anak-anaknya dapat melihat langsung bagaimana ayah mereka menjalankan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari
Mendidik anak dengan rumus 7×3 menurut Ali bin Abi Thalib
1. Usia 0-7 tahun
Mendidik anak dengan lemah lembut, tulus, dan sepenuh hati.berikan contoh yang baik, karena anak adalah peniru apa yang dia lihat
2. Usia 7-14 tahun
Mendidik anak dengan tegas, aturan yang berisi kewajiban dan larangan. Orangtua diharapkan menakar hak kewajiban anak dengan seimbang.
3. Usia 14-21 tahun
Mendidik anak dengan menjadikan layaknya sahabat, ajak anak untuk berdiskusi, dukung keinginannya, bantu kembangkan potensinya, dan ajarkan anak untuk bertanggung jawab.

TAGS

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp

Terkini

September 20, 2024

Populer